Festival Tari Saman hiasi Peringatan Hari Jadi ke-1256 Kabupaten Malang
MalangToday.net adalah media online di Kota Malang yang menyuguhkan berita dengan benar

MALANGTODAY.NET  – Peringatan Hari Jadi ke-1256 Kabupaten Malang, diperingati dengan berbagai acara. Salah satunya adalah festival Tari Saman.

Lomba yang diadakan selama enam hari mulai tanggal 24-29 Oktober 2016, diikuti sebanyak 76 kelompok penari. Para peserta terdiri dari perwakilan Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) dan Kecamatan se-Kabupaten Malang.

Dipilihnya tari Saman dalam lomba kreasi antar SKPD ini adalah, sebagai upaya melestarikan budaya nasional. Selain itu, menurut Bupati Malang, Rendra,  dalam Tari Saman terkandung nilai-nilai religius yang mendekatkan diri antara makhluk dengan penciptanya.

Tari Saman mendapat peminat yang tinggi di Kabupaten Malang, terutama di Desa Sumberkerto, Kecamatan Pagak, Kabupaten Malang, yang sudah sejak dulu mengembangkan tradisi Saman.

“Sebagai anak bangsa  kita wajib melestarikan warisan budaya ini,” ungkap Bupati dalam sambutan pembukaan.

Kreativitas peserta dalam mengembangkan tari Saman sagat diperlukann untuk hasil terbaik. Sebab selain mengandalkan kekompakan para penarinya, tari ini juga mengandalkan syair-syair yang di dalamnya bermuatan ajaran-ajaran kebaikan.

Dalam akhir sambutannya, Bupati Malang menyampaikan semoga upaya keras yang dilakukan para peserta, mulai dari persiapan, latihan, hingga penampilan pada lomba kali ini bisa memberi nilai pengetahuan baru bagi masyarakat. Sehingga ke depannya tari Saman bisa lebih dikenal di kalangan generasi muda.

Ia berharap, dengan mendalami tari Saman, generasi muda bisa terhindar dari pengaruh-pengaruh buruk dan kegiatan yang tidak membawa manfaat. Hal itu akan selaras dengan slogan ‘Genbe’ yang selama ini didengungkan. Generasi yang terbebas dari Narkoba, Sex bebas, dan HIV Aids.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda