Malangtoday.net -Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang berharap melalui ajang berbagai festival kebudayaan yang digelar di beberapa sekolah, seperti yang dilaksanakan SMP Sabilillah, bisa menumbuhkan bibit baru dalam dunia seni dan budaya.
Kasi Promosi Wisata Bidang Pengembangan Produk Wisata Disbupar, Agung Buana, mengatakan regenerasi bagi tumbuh dan kembangnya seni dan budaya sangat dibutuhkan, karena hal itu mampu mendogkrak sektor pariwisata. “Saya mengharapkan banyak bibit muda yang tumbuh di kompetisi festival budaya ini” kata Agung Buana
Ia menambahkan, orisinalitas kreasi seni dan budaya bagi para anak muda merupakan hal yang harus diapresiasi oleh semua kalangan termasuk pemerintah, pasalnya dari titik itulah, para anak muda bisa mengembangkan kesenian khas Kota Malang agar semakin dikenal hingga mancanegara.
“Karenanya dalam festial di Sabilillah ini orisinaliitas menjadi penilaian yang utama,” tukasnya.
Kreasi seni dan budaya sendiri merupakan salah  satu dari enam belas subsektor ekonomi kreatif yang kini sedang dikembangkan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Berdasarkan susunan organisasi tata kelola pemerintahan yang baru saja disepakati dengan DPRD, nantinya Disbdupar akan menambah satu bidang yakni bidang ekonomi kreatif yang fokus mengembangkan seni dan budaya. Harapannya, dengan hal itu seni pertunjukkan di Kota Malang bisa menjadi magnet yang mampu menarik wisatawan Kota Malang.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda