MALANGTODAY.NET – Kasus penipuan  yang menimpa Hotel Amarta Hills Kota Batu berhasil diungkap Polres  Kota Batu. Kejadian ini terjadi pada Minggu 29 Mei 2016. Tersangka adalah Okik Priyatno Muchtaron,warga Sumberpucung,Kabupaten Malang.

Modus penipuan yang dilakukan tersangka adalah dengan menggunakan agen biro perjalanan Go Inc Travel, ia membooking 83 kamar untuk sebuah acara Familiy Gathering dengan total biaya Rp 61.000.000. Pada waktu itu, tersangka berjanji akan membayar sisa pembayaran pada akhir acara tetapi sampai acara berakhir tidak memenuhi kewajibannya.

“Pihak hotel melaporkan kerugian yang dideritanya kepada Polres Batu. Setelah diselidiki, keberadaan pelaku diketahui berada di Jakarta,” ungkap Kapolres Kota Batu, AKBP Leonardus Simarmata, Senin (03/10).

Dengan menggunakan scientific investigation dan beberapa bantuan alat sehingga tersangka berhasil ditangkap di tempat kosnya di jakarta.

“Dari keterangan tersangka, dia melakukan aksi serupa di 15 kota berbeda. Modusnya sama penipuan pemesanan tiket pesawat dan kamar hotel termasuk passport,” tambah Kapolres.

Sepak terjang penipu antar kota ini sekarang harus terhenti pasalnya dia terjerat pasal 372/378 KUHP dengan ancaman maksimal empat tahun penjara. Tersangka saat ini masih dilakukan proses tahap kedua di kejaksaan.

Sementara itu, Galuh Windaryati, Sales Marketing Manager Amarta Hill Resort tidak menyangka pemesanan kamar hotel tersebut akan berakhir penipuan pasalnya dia tidak curiga karena dilakukan oleh sales terdahulu.

Cuma dia mengingatkan sales tersebut  biasanya kalau agen travel pembayarannya di muka.

“Tersangka sebelumnya pernah sekali memanfaatkan jasa pelayanan di hotel kami dan pembayaran lancar. Dalam kasus ini dia membayar DP Rp10 juta sedangkan sisanya belum dibayar,” jelasnya. (sol/ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda