Enam Dua Project, Komunitas yang Wujudkan Pemerataan Pendidikan di Kota Malang
Enam Dua Project melakukan donasi di Panti Asuhan Al-Falah, Pakis

MALANGTODAY.NET – Enam Dua Project adalah salah satu komunitas yang bergerak dibidang pemerataan kualitas pendidikan, khususnya di Kota Malang. Nama enam dua sendiri berasal dari kelompok 62 tergabung dalam rombongan belajar Kelas Inspirasi Malang 3 yang melakukan hari inspirasi di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Roudlotul Jannah, Jabung pada bulan November 2015 lalu.

Abidah Yanuar Rohmatin dan 8 orang kawannya yang tergabung dalam kelompok tersebut berpikir untuk menindak lanjuti hari inspirasi yang sudah dilakukan, namun dengan konsep pemberian donasi berupa perlengkapan sekolah dengan tujuan meringankan beban anak-anak yang ada di (MI) Roudlotul Jannah.

Penyerahan Donasi-100 Alat Tulis di MI Roudlotul Jannah Jabung

“Kami kepikiran untuk mengadakan acara lagi disana, dengan ide donasi. Tujuanya untuk meringankan beban adek-adek disana. Karena mereka sangat membutuhkan tas, sepatu, alat tulis yang baru”, ungkap Abidah.

Abidah menambahkan, untuk melakukan kegiatan donasi ini memperlukan dana yang besar dan tidak bisa didapatkan jika hanya mengandalkan informasi dari mulut ke mulut saja. Sehingga terpikirlah untuk membuat sebuah komunitas peduli pendidikan.

Pemberian materi Parenting di MI Roudlatul Jannah, Jabung

“Nah, kita disitu mulai pengen untuk membentuk sebuah komunitas yang namanya¬† Enam Dua Project”, tambah perempuan 21 tahun ini.

Komunitas yang sekarang beranggotakan 101 dan ditambah dengan 26 pengurus ini, memiliki 3 program utama, yang terdiri dari pembagian donasi kepada adik-adik Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah yang sangat membutuhkan bantuan, donasi  perseroangan berupa perlengkapan sekolah yang sasarannya kepada siswa-siswi yang membutuhkan, dan yang terakhir adalah donasi Ramadhan yang dilakukan setiap bulan puasa di panti-panti di Kota Malang yang membutuhkan.

Kelebihan dari komunitas ini adalah, selain memberikan donasi juga mentranfer pengetahuan yang mampu mengembangkan karakter siswa atau santri, seperti parenting, keterampilan, belajar gosok gigi dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

Abidah berharap dengan adanya Enam Dua Project ini mampu meringankan sedikit beban anak-anak usia sekolah, khususnya dalam penyediaan kebutuhan-kebutuhan sekolah. Selain itu, dia juga berharap semakin banyak donatur yang ikut dalam mensukseskan program-program dari komunitas ini.

“Semoga semakin banyak yang terbantu dan semakin banyak juga orang-orang baik yang terjun membantu Enam Dua Project sebagai pewujud donasi.”, tutur Abidah

Berikan tanggapan Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here