MALANG RAYA DJP Jatim III Selenggarakan Penandatanganan Komitmen Kerjasama Dengan Pemkot Malang
MalangToday.net adalah media online di Kota Malang yang menyuguhkan berita dengan benar

MALANGTODAY.NET – Bertempat di ruang sidang Balai Kota Malang, Senin, (24/10), Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jendral Pajak (DJP) Jawa Timur III menyelenggarakan penandatanganan komitmen kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

Kepala Kanwil Jawa Timur III, Rudi Gunawan dalam sambutannya menjelaskan penandatanganan  komitmen kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan penerimaan pajak dan perluasan basis data perpajakan.

Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2015, perlu dilakukan peningkatan pemantauan dan pengawasan pemenuhan kewajiban perpajakan Wajib Pajak.

Maka dari itu DJP membuat terobosan untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak, salah satunya dengan meluncurkan program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP).

whatsapp-image-2016-10-24-at-10-43-30

KSWP adalah informasi yang diberikan oleh DJP dalam rangka pelaksanaan Konfrimasi Status Wajib Pajak atas layanan publik tertentu pada Instansi Pemerintah, Instansi Pemerintah dalam hal ini termasuk didalamya Pemerintah Daerah, diharapkan dapat melaksanakan KSWP sebelum memberikan layanan publik tertentu.

Kontribusi Pemerintah Daerah dalam menyukseskan program ini tentu sangat berarti, mengingat kepatuhan Wajib Pajak menjadi salah satu modal dasar pencapaian target penerimaan negara dari pajak.

whatsapp-image-2016-10-24-at-10-43-21

Sinergi pemerintah pusat dan pemerintah daerah menjadi penentu tewujudnya kesejahteraan rakyat, karena pajak yang diterima oleh pemerintah pusat, juga dirasakan manfaatnya oleh pemerintah daerah dalam bentuk Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus dan Dana Bagi Hasil, sehingga tercipta pemerataan pembangunan yang dapat meningkatkan kualitas hidup bangsa.

Sementara itu sambutan Wali Kota Malang, HM Anton mengatakan Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Utara dan KPP Pratama Malang Selatan dengan Pemerintah Kota Malang segera berkomitmen untuk meningkatkan penerimaan pajak, perluasan data perpajakan dan mendukung program pemerintah.

“Sebentar lagi akan dilakukan MoU dengan Pelayanan Pajak Pratama (KPP)  Malang Utara & KPP Pratama Malang Selatan,”tuturnya.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama oleh Sektertaris Daerah Kota Malang dengan KPP Pratama Malang Utara dan  KPP Pratama Malang Selatan. (ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda