Kadinkes Kota Malang
Kadinkes Kota Malang

MALANGTODAY.NET – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Malang, Asih Tri Rahmi mengimbau kepada sekolah dan juga orangtua untuk membiasakan anaknya bermain permainan tradisional.

Menurut Kepala Dinkes yang akrab disapa Asih ini, permainan tradisional memiliki banyak manfaat terutama untuk kebugaran pada anak-anak.

“Pengaruh permainan-permainan yang sekarang ini kan kurang berenergi, berbeda dengan permainan tradisional yang menuntut anak untuk bergerak, sehingga bagus untuk kebugaran anak,” ujarnya beberapa menit lalu saat ditemu malangtoday.net digedung DPRD Kota Malang, Rabu (05/10).

Dia mengatakan, permainan tradisional seperti lompat tali, engklek, gobak sodor, bentengan, sangat membantu anak dalam mengembangkan otot tubuh dan memperlancar peredaran darah sehingga otak menjadi cepat tanggap.

“Peramainan tradisional itukan bisa memperlancar peredaran darag, juga mengembangjan otot tubuh jadi efeknya ke otak anak, lebih berkembang dan juga cepat tanggap,” imbuh wanita berkacamata tersebut.

Karena alasan itulah, Dinkes Kota Malang beberapa hari lalu mengundang guru-guru olahraga SD untuk dilatih melihat kebugaran para siswa SD. Selain itu juga mengimbau sekolah untuk menyiapkan fasilitas bermain permainan tradisional disekolahnya masing-masing.

“Akan lebih baik lagi jika tiap sekolah memberikan fasilitas bermain permainan tradisional seperti engklek, lompat tali, dan beberapa permainan lainnya, kalo ada fasilitasnya anakkan jadi main,” tutup Asih. (mga/ind)

 

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda