Desa Wisata, Strategi Pengembangan Kabupaten Malang Hingga 2021
Tomie Herawanto selaku Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Rosita)

MALANGTODAY.NET – Desa wisata merupakan salah satu strategi pengembangan Kabupaten Malang hingga tahun 2021. Hal tersebut sampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Malang Tomie Herawanto.

“Paling tidak sampai 2021 ada 3 strategi yang kita kembangkan di Kabupaten Malang,” ujarnya kepada awak media, Selasa (16/10/2018).

Baca Juga: Ketua KPU RI: Caleg Boleh Datangi Seminar Asal Tidak Kampanye

Tiga strategi yang dimaksud Tomie tersebut yakni penurunan angka kemiskinan, optimalisasi pengelolaan pariwisata, dan juga optimalisasi untuk lingkungan.

Menurut Tomie, satu hal yang dapat mengemas ketiga hal tersebut ialah pengembangan desa wisata.

Baca Juga: 3 Pemimpin Malang Raya dibabat KPK, Ini Kata Khofifah

“Kalau desa wisata dikembangkan, tiga hal tadi itu sudah masuk, yakni penurunan angka kemiskinan, pariwisata dan lingkungan,” tuturnya.

Perlu diketahui bahwa seluruh desa yang terletak di Kabupaten Malang, sedang berlomba-lomba untuk mengadakan inovasi dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih berkualitas, efektif, dan efisien.

Baca Juga: Pendaftar Resmi Ditutup, CPNS Kota Malang Didominasi Tenaga Pengajar

Terkait dengan hal tersebut, pengembangan desa wisata di Kabupaten Malang tentu tidak diragukan lagi. Tomie juga menyampaikan bahwa pentingnya sinergi di tingkat desa untuk mendesain rencana pembangunan.

“Infrastruktur boleh, tapi kembangkan potensi yang ada di desa,” pungkasnya.


Reporter: Rosita Shahnaz
Editor: Swara Mardika

Loading...