MALANGTODAY.NET – Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) bekerjasama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) menggelar kegiatan Deklarasi Bersama Indonesia 1000 Digital Startup di gedung GOR Pertamina UB pada Rabu (19/10/2016).

Pada kesempatan teraebut, FILKOM UB mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraannya.

Penandatangan Deklarasi Bersama Indonesia 1000 Digital Startup ini melibatkan banyak pihak yaitu perwakilan dari pemerintah RI, pemerintah daerah, dunia pendidikan dan industri IT.

Adapun yang hadir dan ikut berpartisipasi dalam penandatangan deklarasi ini antara lain Dirjen Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Samuel Abrijani Pangerapan, B.Sc. selaku perwakilan Kemenkominfo RI, perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur, Wakil Walikota Malang Sutiaji sebagai perwakilan pemerintah daerah Kota Malang, perwakilan pemerintah daerah Kota Batu, Pamekasan dan Trenggalek, Rektor UB, Rektor Universitas Ciputra, Dekan FILKOM UB, Dekan Fakultas Teknologi Informasi ITS, Senior Manager PT. Telekomunikasi Indonesia, Program Manager PT. Cisco System Indonesia dan CEO PT. Adicipta Inovasi Teknologi.

Sebelum penandatangan deklarasi, para undangan yang hadir terlebih dahulu diajak berkeliling melihat hasil penelitian yang sedang dipamerkan pula di Gor Pertamina UB dalam kegiatan Research Showcase, UB IT Innovation Gathering 2016. Pada kesempatan itu Dirjen Aptika juga sempat mencoba sebagian karya penelitian yang dipamerkan.

Pada acara puncak, penandatangan deklarasi diwalai dengan pembacaan isi Deklarasi Bersama Indonesia 1000 Digital Startup oleh Dekan FILKOM UB Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si, M.T, Ph.D.

Menurut Wayan, Deklarasi tersebut menjadi wadah bagi Asosiasi Digital Startup Indonesia (ADSI), dalam rangka menumbuhkembangkan digital startup di Indonesia secara lebih efektif dan efisien.

Sementara tujuan didirikan ADSI, lanjutnya, adalah untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan Digital Startup di Indonesia, meningkatkan kerja sama yang aktif dan saling membantu diantara ketiga komponen utama yaitu  pemerintah Indonesia, baik pemerintah pusat maupun daerah, industri dan perguruan tinggi.

Selain itu, deklarasi tersebut juga bertujuan bersama-sama untuk selalu menyebarkan semangat, informasi dan terus mendorong generasi muda untuk mengembangkan Digital Startup.

Saling memberikan bantuan dalam menyediakan sarana prasarana dan infrastruktur, memberikan pelatihan dan pendampingan kepada generasi muda.

Bekerjasama lebih efektif untuk mencapai daya guna lebih besar dalam bidang Teknologi Informasi dan Dunia Startup Digital, memelihara kerjasama yang erat dan bermanfaat dengan berbagai organisasi lainnya dalam pengembangan dunia Digital Startup Indonesia.

Sementara itu, Ketua Pelaksana UBITIG 2016, Tri Astoto Kurniawan, S.T, M.T, Ph.D., menambahkan, sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, maka bulan depab akan diadakan Ignition 1000 startup.

“Menteri Kominfo nanti juga diagendakan untuk turut hadir,” pungkasnya. (pipit anggraeni).

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda