Darmin Nasution: 'Ekonomi Dunia Sakit'
Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia

MALANGTODAY.NET – Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia, Darmin Nasution menyebutkan, kondisi perekonomian dunia saat ini tengah melemah. Infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) Indonesia pun jauh tertinggal dibanding negara lain. Namun meski begitu, Pemerintah Indonesia menekankan, agar Indonesia tak larut dalam lemahnya ekonomi dunia itu.

“Ibarat mesin, mesin ekonomi Indonesia saat ini pincang. Karena ekspor impor tidak jalan,” katanya dalam Diskusi Publik Kebijakan Pemerintah di Universitas Brawijaya beberapa saat lalu.

Menurutnya, guna menopang lemahnya perekonomian itu, Indonesia harus membangun infrastruktur yang tepat. Karena infrastruktur merupakan pondasi utama lahirnya kegiatan ekonomi. Selain itu, ekonomi Indonesia saat ini juga terkendala merosotnya perdagangan.

“Ibarat mesin, mesin ekonomi Indonesia saat ini pincang. Karena ekspor impor tidak jalan,” tambah Darmin.

Bahkan, kondisi itu menurutnya sudah berjalan sejak empat tahun terakhir. Sehingga, dengan kondisi itu Indonesia sangat sulit menarik investor. Terlebih saving Indonesia sendiri juga sangat rendah.

“Saya sampai berfikir, apa Indonesia itu boros ya?,” paparnya

Selain itu, tambahnya, pertumbuhan manufaktur Indonesia Indonesia juga jauh lebih rendah dibanding pertumbuhan ekonomu. Keadaan yang sudah berlaku sejak tahun 1998 ini sangat ironis. Sebab industri manufaktur seharusnya mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak dengan jumlah produksi yang lebih besar.

“Jadi kalau bisa ya harus ada transformasi,” jelasnya panjang.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here