Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang

MALANGTODAY.NET – Kebijakan pemotongan anggaran pendidikan masih santer diperdengarkan. Menanggapi itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra Zubaidah, M.M menghimbau setiap lembaga pendidikan untuk tetap tenang.

“Untuk Kota Malang sudah ada payung hukum dari pemerintah kota, yang khusus mengatur anggaran pendidikan,” katanya.

Dia menyebutkan, mininal 10 persen dari pendapatan daerah akan dianggarkan untuk kebutuhan pendidikan. Sementara di tahun ini, anggaran yang sudah ditetapkan sesuai dengan yang telah diatur dalam perda tersebut. Meskipun kenyataannya memang mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya.

Zubaidah mengatakan, anggaran yang tidak sama disebabkan pendapatan daerah setiap tahun selalu berbeda, mengalami kenaikan dan penurunan. Artinya, setiap tahun dana yang digelontorkan selalu disesuaikan, bukan ditirunkan atupun dinaikkan. Sehingga, setiap sekolah yang mendapat anggaran diharapkan untuk dapat memaksimalkan dana yang telah diberikan.

“Semoga saja tahun depan pendapatan daerah meningkat, jadi anggaran pendidikan juga ikut naik,” terang perempuan berhijab ini.

Menurutnya, penyesuaian dana tersebut memang berimbas pada kegiatan di masing-masing sskolah. Meski begitu, ia pun berharap agar pihak sekolah tetap memprioritaskan kebutuhan yang paling penting bagi anak didiknya, dengan pemanfaatan yang lebih dinaksimalkan lagi. (pit/ind).

Berikan tanggapan Anda