Civitas Akademika UM Ajak Masyarakat Desa Karangpatihan Cerdas Berwirausaha
Civitas Akademik UM saat memberikan pelatihan di Desa Karangpatihan (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Ketersediaan lapangan kerja masih menjadi pekerjaan rumah yang belum terselesaikan oleh Pemerintah. Masyarakat diminta untuk lebih kreatif dalam menyikapi permasalahan tersebut dengan cara membangun industri kreatif dengan memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia.

Untuk mendukung menjamurnya industri kreatif, terutama di Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Tim Dosen dari Universitas Negeri Malang, UM melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yaitu program sosialisasi kewirausahaan di Kawasan Wisata Gunung Beruk, Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo.

Baca Juga: 5 Lagu Religi yang Jadi Ciri Khas Bulan Ramadan

Kegiatan ini merupakan bagian dari Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Negeri Malang yang dilakukan oleh Tim Dosen Fakultas Ekonomi yakni, Miranti Puspaningtyas, S.Pd.,M. Akun selaku Ketua Tim Pengabdian, Moh. Danang Bahtiar, S.Pd.,M.Pd, Sulastri, S.Pd.,M.SA., dan Dhika Maha Putri, S.Pd.,M.Acc selaku anggota tim, dan Erik Dwi Pambudi, M.SA., selaku Pemateri,  beserta Ika Rahmawati dan Galuh Mardiana Mustika Mahasiswa Universitas Negeri Malang pada tanggal 12 Mei 2018.

Desa ini memiliki potensi cukup besar sebagai objek wisata dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Potensi alam tersebut hendaknya dimaksimalkan oleh warga sekitar untuk meningkatkan perekonomian warga setempat dengan cara memperkenalkan ciri khas Desa Karangpatihan.

Baca Juga: 5 Lagu Religi yang Jadi Ciri Khas Bulan Ramadan

Ciri khas tersebut bisa ditunjukkan melalui kegiatan budaya, kuliner dan potensi lokal lainnya yang ada di Desa Karangpatihan. Sehingga, perlu diadakannya penambahan wawasan kewirausahaan untuk memacu masyarakat dalam membangun desanya.

Civitas Akademika UM Ajak Masyarakat Desa Karangpatihan Cerdas Berwirausaha
Pengabdian masyarakat civitas akademika UM di Desa Karangpatihan (Istimewa)

Kegiatan yang dilakukan dalam pengabdian ini antara lain: melakukan sosialisasi tentang pentingnya menciptakan lapangan kerja, sosialisasi tentang bagaimana kiat peserta dalam menghadapi hambatan-hambatan dalam melangsungkan usaha, sharing tentang kendala yang dialami oleh peserta serta pelatihan memasarkan produk yang baik dan networking.

Baca Juga: 5 Lagu Religi yang Jadi Ciri Khas Bulan Ramadan

Kegiatan pengabdian tersebut dihadiri oleh 20 orang warga masyarakat yang sudah memiliki usaha dan berencana akan memiliki usaha. Adapun hasil dari kegiatan ini ditunjukan dengan antusiasme warga yang ingin meningkatkan performa produk, baik dari segi kualitas fisik (packaging dan branding) maupun kualitas rasa.

Pengabdian ini dilakukan dengan harapan bisa membantu memperkenalkan masyarakat Desa Karangpatihan dengan berbagai kiat-kiat berwirausaha serta pemasaran dan networking produk mereka sehingga dapat meningkatkan penjualan produk mereka juga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Karangpatihan.


Penulis : Tim PKM 456
Editor    : Swara Mardika

Loading...