H-1 Ramadan, Harga Kebutuhan Pokok di Malang Terpantau Stabil
lustrasi kebutuhan pokok yang dijajakan di pasar (Pipit Anggraeni)

MALANGTODAY.NET – Kenaikan harga lombok beberapa hari ini terus melambung. Terakhir, harga si pedas ini di pasaran sudah tembus angka Rp 100 ribu. Hampir sebanding dengan per kilogram daging sapi, yang dibandrol mulai dari Rp 115 ribu.

Salah satu pedagang sayur Pasar Oro-Oro Dowo, Ngat mengatakan, selama beberapa pekan terakhir, harga cabai rawit memang terus mengalami kebaikan dan penurunan. Dari mulai Rp 80 ribu per kilogram sampai lebih dari Rp 100 ribu.

“Tapi hari ini Rp 100 ribu pas. Kalau di pasar Dinoyi, ngambilnya saja kemarin sempat lebih dari Rp 100 ribu per kilonya,” urai perempuan ramah ini kepada MalangTODAY.net beberapa menit lalu.

Kenaikan tersebut menurutnya memang tidak mengurangi jumlah pembeli. Namun pembeli cenderung berbelanja dengan jumlah yang sedikit. Begitu juga dengan para pengecer, yang biasanya hanya membeli Rp 2 ribu atau Rp 3 ribu saat ini tidk bisa. Merek harus membeli dengan ukuran minimal setengah ons, dengan harga Rp 5 ribu.

“Ya karena mahal tadi, jadi pembeli minimal harus beli Rp 5 ribu,” tambahnya.

Tak hanya lombok, menurutnya kenaikan juga terjadi pada beberapa komoditi. Diantaranya kubis dan wortel yang saat ini dibandrol masing-masing Rp 14 ribu dan Rp 12 ribu per kilonya, dari harga sebelumnya Rp 6 ribu dan Rp 8 ribu per kilo.

Sedangkan beberapa kebutuhan lain, tambahnya, malah turun, seperti sawi asin yang sebelumnya Rp 10 ribu menjadi Rp 7 ribu. Kemudian bawang bombai dan tomat yang sampai saat ini harganya masih stabil. Masing-masing Rp 8 ribu dan Rp 15 ribu.

“Kalau untuk harga daging masih relatif stabil, kisaran Rp 115 ribu sampai Rp 125 ribu per kilogramnya,” tambah salah seorang pedagang daging Pasar Oro-Oro Dowo, Amy. (Berita Pi

Berikan tanggapan Anda

loading...

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here