Breaking News: Mendagri Hadir di Pelantikan 40 PAW DPRD Kota Malang
Mendagri tiba di DPRD Kota Malang didampingi Gubernur Jawa Timur (Samsul)

MALANGTODAY.NET – Menteri Dalam Negeri ( Mendagri ) Tjahjo Kumolo hadir dalam Sidang Paripurna Istimewa Pelantikan 40 anggota PAW DPRD Kota Malang.

Pantauan MalangTODAY.net, Mendagri tiba Senin (10/9) siang sekitar pukul 10.35 WIB dengan menggunakan mobil Innova hitam berplat nomor RI 21.
Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dan juga Plt Walikota Malang, Sutiaji langsung mendampingi Mendagri menuju lokasi pelantikan.

Acara pelantikan sendiri, diagendakan akan berlangsung pukul 11.00 WIB oleh Plt Ketua DPRD Kota Malang. PAW yang dilantik ini, berasal seluruh fraksi yang ada di DPRD Kota Malang. Yakni PDI-Perjuangan 9 orang, PKB 5 orang, Golkar 5 orang, Demokrat 5 orang, Gerindra 4 orang, PKS 3 orang, PPP 3 orang, PAN 3 orang, Hanura 2 orang, serta NasDem 1 orang.

Baca Juga: 3 Stadion Tertua di Indonesia, Salah Satunya Bikin Raksasa Liga Inggris Malu!

Surat Keputusan (SK) 40 PAW ini, sebelumnya telah ditandatangani oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan diserahkan langsung ke Seketaris Daerah Kota Malang, Wasto. Hal ini menyusul diskresi yang dikeluarkan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

Dalam pelantikan ini, nantinya juga dilakukan penandatanganan pakta integritas bagi semua anggota PAW mulai dari pimpinan dewan, pimpinan fraksi, pimpinan komisi dan kelengkapan dewan lainnya seperti badan musyawarah.

Ketua DPRD Kota Malang, Abdulrachman mengatakan, semua anggota PAW nantinya akan langsung menempati jabatan sesuai anggota dewan yang digantikan. Sedangkan posisi Anggota DPRD yang tersisa seperti Subur Triono, Priyatmoko Oetomo dan Tutuk Haryani tidak ada perubahan.

Baca Juga: Penelitian Ilmiah Pada Jenglot Terungkap, Jelmaan Manusia?

“Jadi setelah pelantikan ini bisa langsung bekerja,” jelasnya.

Kasus Korupsi Kota Malang

Seperti diketahui, pelantikan ini merupakan imbas dari penetapan 41 Anggota DPRD Kota Malang oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka dalam kasus suap pembahasan APBD Perubahan Kota Malang 2015.

Dari total 41 tersangka, hanya Ya’qud Ananda Gudban yang tidak masuk PAW karena sudah digantikan oleh Nirma Cris Nindya pada bulan Juli lalu.

Baca Juga: Kecewa The Nun? 3 Film Ini Layak Jadi Obat Kecewamu


Reporter: Rosita Shahnaz
Editor: Swara Mardika

Loading...