MALANGTODAY.NET – Setelah sukses diadakan di Malang, tahun ini ajang kompetisi yang ditujukan untuk Sekolah Menengah Kejuruan akan digelar di Nganjuk. Kompetisi tersebut adalah Lomba Kompetensi Keahlian (LKS) SMK se Jawa Timur 2016.

Menghadapi ajang bergengsi antar SMK tersebut, sejumlah sekolah kejuruan di Kabupaten Malang bersiap menghadapi berbagai jenis kompetensi yang akan dilombakan. Hampir semua SMKN di Kabupaten Malang mengikuti LKS Jatim 2016 dengan bidang lomba yang berbeda.

Persiapan menghadapi LKS SMK Jatim 2016 ini seperti yang dilakukan siswa SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, Senin (17/10). Di SMK ini, siswa yang akan terjun melakukan latihan memecahkan soal-soal LKS sesuai keahlian setiap hari.

Paling banyak adalah SMKN 1 Singosari dengan tujuh bidang keahlian lomba, disusul SMKN 1 Turen yang mengikuti enam bidang keahlian. Sementara, SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen merupakan SMK swasta yang paling banyak menerjunkan siswanya di ajang LKS Jatim. Yakni, bidang lomba mobile robotic, industrial control, automobile, chemistri dan CNC milling.

Dari pantauan MALANGTODAY.NET saat menyambangi SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen, tampak dua siswa tampak sibuk dengan mencoba Robotino Vesto versi 3, robot yang akan diturunkan di bidang lomba mobile robotic LKS Jatim. Keduanya adalah Muhammad Rois dan Fardiansyah Cahya, siswa kelas XII Teknologi Otomasi Industri (TOI).

Dalam penuturannya, Rois mengatakan telah mempersiapkan robotnya dan melatih selama sebulan untuk menghadapi LKS SMK Provinsi ini, dengan rentang waktu latihan antara 10-12 jam setiap harinya.

Sebelum membawanya ke ajang tingkat Provinsi, robotnya sudah diujicoba saat LKS Kabupaten Malang 26 September lalu dan berhasil mendapat juara satu dengan poin sempurna (100).

Berikan tanggapan Anda