Belum Paham Sistem Booking Online Gunung Semeru? Simak Ini!
Pemandangan Ranu Kumbolo, Gunung Semeru (Rosita)

MALANGTODAY.NET – Puncak tertinggi di Pulau Jawa ini selalu tidak pernah sepi pendaki. Menghadapi hal tersebut,  Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) menerapkan sistem booking online bagi pendaki, baik nusantara maupun mancanegara.

Dengan adanya sistem booking online,  pendaki yang datang ke Gunung Semeru akan sesuai dengan kuota per hari, yaitu 600 orang/hari.

Ketersediaan kuota tersebut, dapat dicek melalui website Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Baca Juga: 10 K-pop Idol Ini Punya Tubuh Paling Seksi, Ada Idolamu?

Hal tersebut turut ditegaskan oleh Endrip Wahyutama, Staf Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan BBTNBTS.

“Memang masih banyak pendaki yang bingung, tapi semua informasi yg dibutuhkan sudah tersedia di website. Karena pendaftaran pendakian Gunung Semeru sudah 100% menggunakan sistem online yang tentunya cashless”, jelasnya.

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mengikuti alur pendaftaran untuk mengisi form biodata yang diakses melalui website TNBTS.

Baca Juga: Usai Lombok, Gempa Guncang Kabupaten Malang

Melakukan pembayaran  ke bank sesuai dengan total tarif yang telah ditentukan dengan cara setor tunai,  akan lebih memudahkan dalam proses pengecekan.

Selanjutnya,  cek email yang digunakan saat pendaftaran untuk mengisi konfirmasi pembayaran dan juga menerima konfirmasi dari admin.

Baca Juga: 8 Serba-Serbi Angka 8 Yang Jadi Tanggal Cantik Hari Ini

Upload bukti pembayaran pada link konfirmasi wajib dilakukan maksimal 1×24 jam setelah menerima kode booking.

Perlu diingat, bahwa tanpa melakukan booking online,  pendaki tidak akan diperbolehkan untuk melakukan kegiatan pendakian di Gunung Semeru.


Reporter: Rosita Shahnaz
Editor: Swara Mardika