Sangat Seru, Belajar Mengemudikan Helikopter di Jatim Park 1
Sangat Seru, Belajar Mengemudikan Helikopter di Jatim Park 1

MALANGTODAY.NET – Pernahkah terbayangkan oleh anda bagaimana rasanya seorang pilot helikopter membelokkan pesawatnnya? karena helikopter tidak seperti pesawat terbang yang mempunyai sayap, helikopter hanya mempunyai baling baling sebagai tumpuan utama Penggerak.

Di area Science Center Jawa Timur Park 1  anda bisa merasakan sensasi bagaimana sebuah helikopter dibelokkan. Di sana, akan ada guide yang akan menjelaskan dan memandu anda merasakan sensasi itu.

“Pengunjung akan dipandu untuk naik di sebuah poros. Kemudian dipersilahkan memegang sisi kanan  kiri roda, terus saya akan memutar roda tersebut, ” ujar Riska Guide Science Center Jatim Park 1.

Saat roda berputar dan di miringkan, posisi tubuh anda akan ikut berputar, arah putaran dapat ke kiri atau ke kanan tergantung kearah mana sudut roda dimiringkan.

“Hal ini karena adanya efek Giroskop putaran di ekor helikopter yang  menimbulkan efek Giroskop pada helikopter,” tambahnya.

Sehingga karena adanya efek Giroskop, dengan memiringkan baling baling, helikopter dapat bergerak ke kiri atau ke kanan.

Sementara itu, salah satu pengunjung, Adi mengatakan ini merupakan pertama kali dirinya mencoba praktik berbagai ilmu fisika khususnya efek Giroskop. Berkunjung ke Jatim Park baginya tidak hanya sebuah wisata semata tetapi banyak ilmu pengetahuan yang ia dapat.

“Di Science Center ini menarik, kita bisa praktik teori teori fisika tetapi tidak monoton seperti di sekolah. Kita disini sambil bermain, jadi lebih enjoy, ” kata wisatawan asal Sidoarjo ini.(ind)

Berikan tanggapan Anda