lailatul qadar @prelo.co.id

MALANGTODAY.NET – Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim. Pada malam ini dipercaya terdapat berbagai keberkahan yang akan kita dapatkan. Sayangnya, tidak ada yang tahu pasti kapan datangnya Lailatul Qadar akan turun. Sejumlah hadist hanya menyebut malam yang lebih baik dari seribu bulan ini jatuh di 10 hari terakhir Ramadan, terutama malam ganjil.

Meski demikian, ada sejumlah hadist yang memuat informasi mengenai tanda-tanda datangnya Lailatul Qadar melalui fenomena alam. Fenomena alam apa saja yang terdapat dalam hadist tersebut? Yuk, cari tahu;

Baca Juga: Simak Pengakuan Wanita yang Diduga Menembak Relawan Medis Palestina

  1. Matahari Terbit dengan Cahaya Putih Menyeruak
ilustrasi matahari terbit dengan cahaya putih @pinsdaddy.com

Tanda pertama Lailatul Qadar turun adalah matahari yang terbit dengan cahaya yang sedikit berbeda yakni; cahaya putih menyeruak. Hal ini sebagaimana dalam hadist yang diriwayatkan Imam Muslim.

“Diriwayatkan dari Zirri, ia berkata, Aku mendengar Ubay bik Ka’ab berkata, tanda-tanda Lailatul Qadar adalah matahari terbit pagi harinya dengan cahaya putih tanda sinar menyeruak.”

Baca Juga: Saat Mudik Bawa Bayi? Perhatikan 5 Hal Ini!

2. Hawa Tidak Terlalu Panas dan Tidak Terlalu Dingin

ilustrasi malam yang tidak panas dan tidak dingin (istimewa)

Selain kita dapat melihat dari cahaya matahari yang berbeda, kita juga dapat mengetahui turunnya malam Lailatul Qadar dari hawa di sekitar yang kita rasakan. Sebagaimana yang diungkapkan Imam Ibn Huzaimah dalam kitab shahihnya meriwayatkan hadis demikian.

“Diriwayatkan dari Ikrimah, dari Ibn Abbas, dari Nabi SAW mengenai Lailatul Qadar, “Lailatul Qadar adalah malam yang bebas. Tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Matahari memasuki pagi harinya dengan warna merah yang lemah.”

Baca Juga: 4 Fakta di Balik Penemuan Mayat Wanita Terbungkus Kardus di Atas Motor, Pelaku Ternyata…

3. Malam yang Tenang

ilustrasi malam yang tenang (istimewa)

Fenomena alam yang lain sebagai pertanda bahwa malam Lailatul Qadar turun adalah malam yang begitu tenang (bebas dari kebisingan), tidak ada mendung, hujan, atau pun angin. Hal ini diungkapkan oleh Imam At Thabarani dalam kitab Al Mu’jam Al Kabir meriwayatkan hadist berikut.

“Diriwayatkan dari Watsilah ibn Asqa’, dari Rasulullah SAW, bahwa beliau berkata, ” Lailatul qadar adalah malam yang tenang. Tidak terlalu panas juga terlalu dingin. Pada saat itu tidak ada mendung, hujan dan angin. Dan ada bintang yang dilemparkan. Termasuk tanda-tandanya, matahari terbit tanpa sinar yang menyeruak.”

Baca Juga: KPK Amankan 5 Orang dalam OTT, Tidak Termasuk Wali Kota Blitar

Kurang lebih itulah ke-3 fenomena alam yang menggambarkan turunnya malam Lailatul Qadar. Apakah pada malam ke-21 lalu kamu sudah merasakan tanda-tanda tersebut? Atau kamu akan merasakannya pada malam ke-23 nanti? Atau justru di malam-malam ganjil berikutnya? Kamu tunggu saja ya!

Konon katanya, yang hanya dapat merasakan fenomena-fenomena alam di atas adalah orang-orang yang diberikan Lailatul Qadar. Dan mudah-mudahan kita termasuk salah satu orang yang beruntung mendapatkannya!


Penulis       : Dian Tri Lestari
Editor        : Dian Tri Lestari

Loading...