MALANGTODAY.NET – Kota Batu pada Pilkada Serentak tahun 2017 merupakan satu satunya kota yang melaksanakan Pilkada di Jawa Timur, oleh karena itu Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pusat memberikan perhatian khusus.

Pilkada Kota Batu diharapkan bisa memberikan contoh pelaksanaan Pilkada yang baik dan demokratif. “Karena juga Jawa Timur adalah barometer Indonesia, jadi sekali lagi pengawalan kami ini secara berjenjang mulai dari RI, provinsi sampai teman  teman Panwaslu Kota Batu,” kata Prof. Dr Muhammad, Sip, Ketua Bawaslu RI.

Tujuan pengawalan ini, dipaparkan Muhammad, supaya tercipta pra kondisi  agar Pilkada Kota Batu  berjalan dengan baik, apalagi di Kota Batu ini heterogenitasnya luar biasa, ada simpul simpul masyarakat yang bisa menjadi energi positif untuk menciptakan keteduhan dalam rangka Pilkada.

“Sekali lagi kita memberikan dukungan supaya Pilkada Kota Batu nanti berjalan dengan baik dan tidak ada pelanggaran pelanggaran saat Pilkada nanti,” tegasnya.

Lebih lanjut, selama ini apa yang harus diantisipasi dalam Pilkada adalah keterlibatan ASN, karena menurutnya, ASN akan sering digunakan oleh Calon Incumbent. Ia mengingatkan, walau Wali Kota Batu tidak maju lagi, tetapi Bawaslu tahu bahwa Wakil Wali Kota saat ini berpasangan dengan ibu Wali Kota.

“Kami mengingatkan, supaya semuanya bisa berjalan dengan baik dan pak Wali Kota bisa menjalankan tugasnya dengan baik tanpa intervensi dan bisa mengajak masyarakat kita memilih dengan penuh keyakinan tanpa ada pengaruh pengaruh tertentu,” terang Muhammad. (sol/ind)

 

 

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda