Warga Temas Kota Batu Kirab Sedekah Hasil Bumi Sebagai Wujud Syukur
Kirab Sedekah Bumi warga Temas, Kota Batu @azmy

MALANGTODAY.NET – Mewujudkan rasa syukur atas hasil bumi, warga Kelurahan Temas, Kota Batu menggelar kirab sedekah hasil bumi. Gunungan palawija dikarak mengelilingi desa Kelurahan Temas, Jumat (12/5) pukul 14.00 WIB.

Panitia acara Festival Kampung Tani Temas, Ika Dian Anggraeni mengatakan kirab sedekah hasil bumi dimeriahkan oleh 11 RW se-Kelurahan Temas.

“Kirab menyuguhkan arakan gunungan palawija, arakan memedi sawah, pawai topi caping petani dan rantang kiriman dan pawai sandukan, sebuah tarian tradisional,” paparnya.

Setelah diarak keliling desa, hasil sedekah bumi dihantarkan di tengah lapangan luas, areal pertanian Kelurahan Temas. Di lapangan tersebut, dilangsungkan prosesi seserahan sedekah hasil bumi secara simbolis kepada calon walikota terpilih, Dewanti Rumpoko.

“Seserahan diwakili oleh lembaga adat temas sebagai wujud syukur atas kesuburan tanah dan hasil bumi yang melimpah,” sambungnya.

Rangkaian acara yang paling ditunggu warga ialah, Bancakan Kembul Rantang yaitu acara makan bareng di tengah sawah dari bekal makanan yang dibawa di rantang oleh masing-masing warga.

Hal ini merupakan gambaran keseharian warga petani. Mengirim makanan dalam wadah rantang yang kemudian dilahap bareng sekeluarga entah di saung ataupun di tengah sawah.

“Hal ini paling ditunggu-tunggu karena keharmonisan dan kekompakan antar warga Temas banyak terjalin di momen ini,” tandasnya.

Gelaran acara juga dimeriahkan oleh stan pameran hasil olahan pangan organik dari Dinas Ketahanan Pangan, stan daur ulang sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Belife Organic dan stan masyarakat desa lain.

Untuk diketahui, Festival Kampung Tani Temas #4 masih akan berlangsung hingga Minggu (14/5).(azm/zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here