Warga Kota Batu Ramaikan Hari Sumpah Pemuda dengan Aksi Ini
Sejumlah warga melakukan penanaman pohon di sejumlah 30 titik di kawasan Jalan Bromo Semeru Kota Batu (Azmy)

MALANGTODAY.NET – Hal berbeda dilakukan sejumlah warga Kota Batu dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, Sabtu (28/10).

Pada hari peringatan nasional ini, sejumlah warga Kota Apel yang tergabung dalam Forum Rembug Wong Batu (FRWB) melakukan aksi penanaman pohon di sepanjang Jalan Bromo sampai Jalan Semeru, Kota Batu.

Kepada awak media, Koordinator aksi Aditya Uya, menuturkan bahwa kegiatan penanaman dilakukan sebagai wujud kepedulian masyarakat dalam merespon kondisi suhu lingkungan kota tersebut yang semakin meningkat.

“Bahwasanya banyak orang mengatakan hal ini disebabkan oleh eksploitasi alam dengan maraknya pembangunan hotel dan tempat wisata yang tidak mengindahkan lingkungan,” ungkapnya kepada MalangTODAY di sela aksi, Sabtu (28/10).

Ia menambahkan, meski aksi juga ditujukan untuk merespon kebijakan penebangan pohon di Jalan Ir. Soekarno Beji, Kota Batu. Namun, kegiatan ini tidak ditujukan sebagai bentuk penentangan, melainkan lebih kepada nilai edukasi soal keseimbangan ekologi.

Edukasi kepada masyarakat, lanjut Uya, serta kepada pihak pengusaha dan investor pariwisata, bahwa dalam penebangan pohon juga seharusnya mempertimbangkan asas-asas lingkungan.

“Aksi ini bukan perkara mencari siapa yang salah, tapi apa yg salah. Kami lebih menekankan soal keseimbangan ekologi di Kota Batu,” tegasnya.

Penghijauan yang dilakukan dengan penanaman bibit pohon Ketepeng ini, disebar di sekitar 50 titik di sepanjang jalan sekitar Alun-Alun Kota Batu. Dipilihnya lokasi penanaman di pinggir jalan, karena dari sinilah perwajahan kota dipertaruhkan.

“Kami pilih lokasi penanaman di kanan kiri jalan raya karena disinilah sesungguhnya wajah Kota Batu, yang dulu hijau juga asri,” tutupnya. (Azm/Ans)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda