KPK Resmi Tetapkan Walikota Batu Tersangka Kasus Suap
Eddy Rumpoko seusai pembukaan Festival Brantas 2017, Batu. (22/4) (Azmy)

MALANGTODAY.NET – Walikota Batu, Eddy Rumpoko meningkatkan status Kota Batu dari Siaga Darurat menjadi Tanggap Darurat Bencana untuk wilayah dengan tingkat resiko bencana tinggi. Hal ini didasarkan pada hasil rekapan data Pusdalops terkait intensitas kejadian bencana 2016/2017 yang dirilis pada Senin (24/4).

Manajer Pusdalops Penanggulangan Bencana, A. Rochim, berdasarkan jumlah intensitas kejadian bencana pada tahun 2016, jika dibandingkan dengan data triwulan awal 2017 ini, grafik status resiko bencana di Kota Batu bisa dikatakan meningkat.

“Dari total 100 kejadian di tahun 2016, sebanyak 49 kejadian sudah terjadi di awal tahun 2017, dalam kurun waktu tiga bulan saja,” sambungnya.

Ia melanjutkan, indeks potensi bencana bisa dikatakan stabil apabila perkiraan Badan Meteorologi dan Klimatologi untuk periode April-Mei 2017 terkait musim peralihan atau pancaroba, tepat.

“Namun, ancaman bencana bersama juga ikut beralih pada potensi angin kencang atau puting beliung yang diperkirakan mencapai angka 35 knots bahkan lebih,” tegasnya.

Menindaklanjuti perkiraan BMKG tersebut, pihaknya sudah mulai mengantisipasi dengan melakukan sosialisasi penuh kepada masyarakat terkait penanggulangan bencana.

“Sebisa mungkin menghindari parkir di daerah lereng atau dekat pohon. Menjelang sore, angin bertiup sangat kencang. Berdasarkan data kami, angin kencang terjadi pada kisaran pukul 12.00-18.00 WIB,” ungkapnya.

Meski begitu, status ini tidak dimaksudkan untuk membuat gejala kepanikan pada masyarakat. Ia menghimbau agar pengetahuan akan potensi bencana justru menjadikan kesadaran masyarakat akan ketangguhan bencana semakin tinggi.

Dengan pengetahuan akan bencana, maka perilaku preventif, kesiapsiagaan sangat perlu dioptimalkan sehingga resiko bencana dapat diminimalisir.

“Bencana tidak bisa dihindari, tapi harus dihadapi. Tentunya, dengan adanya edukasi bencana yang terus kita gencarkan pada masyarakat, semoga bisa turut berperan aktif dalam hal penanggulangan bencana dengan langkah-langkah yang tepat,” pungkasnya pada MalangTODAY ditemui di kantornya, Sabtu (29/4).

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here