Kondisi setelah banjir di Desa Beru, Bumiaji. (BPBD Kota Batu)

MALANGTODAY.NET- Puluhan warga Dusun Beru, Desa Bumiaji, Kota Batu menggelar kerja bakti setelah semalam diterjang banjir. Air masuk ke enam rumah warga dan merusak rumah beserta fasilitas lainnya.

Kepala Pusdalops BPBD Kota Batu mengungkapkan, air sungai Paron mengalami kenaikan debit. Sekitar pukul 21.00 WIB, air naik ke permukaan dan sebagian ke rumah warga.

“Air mulai menyurut sekitar pukul 12.00 malam, tapi kondisi jalan sudah tertutup pasir dan batu kerikil. Pagi ini tim BPBD Kota Batu beserta warga desa Beru ramai-ramai membersihkan jalan yang terkena banjir,” kata Eko, saat ditemui MalangToday.net, Senin (21/2).

Akibat kejadian itu akses jalan Dusun Binangun dan Banaran sempat tertutup pasir dan batu. Pengguna jalan juga dialihkan lantaran tidak bisa dilewati.

Warga kerja bakti membersihkan material di jalan pasca diterjang banjir  (BPBD Kota Batu)

“Namun saat ini sudah kondusif dan berangsur-angsur jalan sudah dibersihkan,” katanya.

Kepala Kedaruratan dan Kebencanaan, Muhammad Khoirul Rochim mengatakan, terjadi banjir di tiga lokasi di Kota Batu. Akibat kejadian tersebut sebanyak 33 rumah kebanjiran.

“Total 33 rumah di 3 lokasi, yakni Sumberbrantas sebanyak 24 rumah, Bulukerto 7 rumah dan Beru, Bumiaji sebanyak 6 rumah,” katanya.

BPBD telah melakukan upaya pemulihan dengan melakukan pembersihan. Selain itu juga telah diserahkan sejumlah bantuan untuk para warga terdampak bencana.

Warga membersihkan aliran air agar tidak tersumbat (BPBD Kota Batu)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here