Tidak Perlu Keanggotaan Formal Untuk Menjadi Gusdurian
MalangToday.net adalah media online di Kota Malang yang menyuguhkan berita dengan benar

MALANGTODAY.NET- Anggota Gusdurian Kota Batu, Bagus Rochadi, menyatakan untuk menjadi Gusdurian tidak perlu adanya keanggotaan formal, siapapun dengan background apapun bisa menjadi anggota Gusdurian.

Bagus mengemukakan, pengiat Gusdurian merupakan arena sinergi bagi para Gusdurian di ruang kultural dan non politik praktis.

“Didalam jaringan Gusdurian tergabung individu, Komunitas ataupun forum lokal dan organisasi yang merasa terinspirasi oleh teladan nilai, pemikiran dan perjuangan Gus Dur,” jelasnya.

Karena bersifat jejaring kerja, dia tegaskan, tidak diperlukan keanggotaan formal. Jaringan Gusdurian memfokuskan sinergi kerja non politik praktis pada dimensi dimensi yang telah ditekuni Gus Dur yang meliputi empat dimensi besar yakni Islam dan keimanan, kultural, negara, dan kemanusiaan.

“Gusdurian Kota Batu sendiri terdiri dari berbagai elemen masyarakat dengan latar belakang berbeda beda. Ada yang berasal dari NU, Muhammadiyah, Gereja, Hindu,Budha dan aliran kepercayaan lain,” kata Bagus.

Kota Batu, lanjutnya, merupakan miniatur pluralitas yang ada di Indonesia. Di kota apel itu terdapat enam agama yang diakui pemerintah dan aliran kepercayaan dengan sejarah besar mampu hidup berdampingan dengan damai.

“Meski sebagai miniatur pluralitas, di Kota Batu tidak pernah terjadi konflik dengan latar belakang agama maupun keyakinan,” tandasnya. (ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda