Ilustrasi Home Stay @tribun
Ilustrasi Homestay @tribun

MALANGTODAY.NET – Upaya Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI dalam meningkatkan kapasitas usaha masyarakat destinasi pariwisata di Kota Batu dihimbau bisa bersinergi dengan sektor pelaku agrowisata.

Hal ini diungkapkan Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat, Setda Kota Batu, Endang Triningsih saat membuka acara pelatihan peningkatan kapasitas usaha masyarakat destinasi pariwisata oleh Kemenpar di Hotel Filadelfia, Desa Sidomulyo, Kota Batu, Kamis (9/11).

Upaya kolaborasi ini dirasa sangat penting dalam upaya meningkatkan kualitas kepariwisataan dengan tetap menjunjung tinggi asas keadilan.

“Keadilan dalam artian tetap mengedapankan persaingan yang sehat. Gak melulu hanya soalan uang semata. Tidak diajangi dewe (dikuasai sendiri). Sejahtera bareng-bareng,” tegasnya di hadapan para peserta pelaku usaha homestay.

Baca Juga: Kemenpar Genjot Kualitas Pengelolaan Homestay di Kota Batu

Keadilan, lanjut Endang, dari upaya peningkatan kualitas kepariwisataan dalam hal ini homestay juga perlu mempertimbangkan kepentingan ekologi, baik secara aspek lingkungan juga sosial.

Dicontohkan Endang, pertimbangan dalam aspek sosial adalah memanfaatkan selubung kesempatan menyediakan jasa prostitusi.

“Itu sebagai contoh. Kalau begitu yang terdampak citranya kan kita semua, hanya semata demi meraup keuntungan pribadi,” urainya.

Sementara dari aspek lingkungan, Endang menyarankan konsep integrated farming. Sebuah konsep kolaborasi pelaku usaha kepariwisataan dengan pelaku bidang pertanian organik.

Seperti pengunjung juga ada arahan dari pengelola homestay mengenalkan produk pertanian organik Kota Batu.

“Jadi bisa bikin kerjasama dengan gapoktan semacam paket perjalanan wisata petik tanaman. Kan ini bagus, kota ini gak hanya dikenal karena pariwisata, juga hasil pertaniannya,” ucapnya.

Dengan begitu, efek domino kepariwisataan tidak berimbas pada bidang pertanian. “Seperti maraknya alih fungsi lahan pertanian menjadi bangunan homestay atau villa,” tandasnya.(azm/zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda