Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, Arief As Siddiq (Azmy)

MALANGTODAY.NET – Pencanangan gerakan program lingkungan hidup secara serentak tentu membutuhkan partisipasi penuh dari masyarakat.

Sebab itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu berencana merekrut atau sejumlah kader di tiap lingkungan seluruh daerah Kota Batu.

Kepala DLH Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan, nantinya para kader inilah yang akan menjadi motor penggerak masyarakatnya dalam manajemen tata kelola lingkungannya.

“Salah satunya dengan menciptakan ruang publik, seperti taman, menghijaukan sudut-sudut perkampungan,” tuturnya, Kamis (17/8).

Arief melanjutkan, dari kader inilah nantinya diharapkan mampu mewujudkan pencanangan program gerakan lingkungan hidup berbasis masyarakat.

“Seperti gerakan 1000 taman, 1000 bank sampah, 1000 tong sampah dan masih banyak lagi program lingkungan ainnya,” sebutnya.

Dengan adanya kader lingkungan di tiap kampung ini dirasa sangat penting. Bukan tidak mungkin jika kesadaran lingkungan, murni harus lahir dari masyarakat sendiri.

“Kader lingkungan ini diharapkan bisa jadi problem-solving langsung di tengah masyakat. Sekaligus menjembatani pihak pemerintah dan DLH sebagai fasilitor,” terangnya.(azm/zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here