RS Baptis Batu Turut Wujudkan Kesiapsiagaan Bencana Nasional
Simulasi Kesiapsiagaan Bencana Nasional@MalangTODAY/ Azmy
ads

MALANGTODAY.NET – Dalam peringatan Hari Kesiapsiagaan Nasional tahun 2017, segenap jajaran Rumah Sakit Baptis Batu turut mendukung pencanangan kesiapsiagaan nasional. Hal itu didasarkan dari gelaran apel pembukaan dan simulasi pelatihan penanganan bencana di Gedung Serbaguna, RS Baptis Batu, Rabu (26/4) pagi tadi.

Hal ini dibenarkan dari Direktur Utama RS Baptis Batu, Dr. Dolly Irbantoro menjelaskan pentingnya pihak rumah sakit sebagai bagian dari masyarakat untuk turut serta dalam penanganan bencana nasional, khususnya Kota Batu.

Direktur Utama RS Baptis Batu, Dr. Dolly Irbantoro @MalangTODAY/ Azmy

Oleh karena bencana tidak bisa diprediksi, beliau menambahkan bahwa tindak penanganan bencana tidak hanya menjadi tanggung jawab rumah sakit dan instansi terkait, tapi juga seluruh lapisan masyarakat.

“Tenaga paramedis memang sangat dibutuhkan, namun terkadang kita juga memiliki keterbatasan untuk mengatasi hal itu secara penuh,” jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya berusaha mengedukasi semua pihak yang terlibat dalam penanganan bencana dan terlebih kepada orang awam. Hal ini ditujukan untuk mengedukasi pihak masyarakat di sekitar bencana terkait penanganan pertama korban.

Edukasi tersebut meliputi bantuan hidup dasar dan tata cara evakuasi korban yang dirasa sangat penting. Kesalahan dalam penanganan evakuasi akan justru membawa korban lebih parah lagi, bahkan bisa menimbulkan kecacatan atau kematian.

“Jadi, istilahnya ini kecelakaan pada pertolongan pertama, bukan pertolongan pertama pada kecelakaan,” tukasnya.

Ditanya terkait harapannya ke depan, ia mengajak para instansi-instansi dan juga masyarakat untuk giat melatih karyawannya dalam penanganan bencana.

“Untuk hal itu kami sangat siap membantu dan bekerjasama secara penuh,” tegasnya pada rekan media dan MalangTODAY ditemui di ruanganannya.