Pondasi Rumah Tergerus Air, Rumah di Jalan Lesti Kota Batu Roboh
Rumah milik Wahyu Budi Wiyono yang roboh akibat pondasi rumah yang terkikis air pasca diterjang hujan lebat pada Minggu (6/1/2019) (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Warga sekitar Jalan Lesti kota Batu sore ini Minggu (6/1/2019) sekitar pukul 14.00 WIB mendadak gempar akibat robohnya salah satu rumah warga. Hal ini disebabkan adanya hujan deras yang mengguyur kota Batu.

Rumah tersebut diketahui milik Wahyu Puji Wiyono yang berada di Jl. Lesti RT 04 RW 03, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Baca Juga  Terkikis Air Hujan, Lima Rumah di Kota Malang Roboh Bersamaan

Sasmito selaku Kepala BPBD Kota Batu menjelaskan bahwa rumah milik Wahyu tersebut roboh karena pondasi rumah yang sudah tidak kuat menopang beban ditambah tergerus air dari luapan sungai akibat hujan deras.

Menurutnya, kronologis peristiwa berawal dari terjadinya hujan deras di lokasi kejadian. Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang, yang terjadi berjam-jam mengakibatkan sungai di sekitar TKP meluap. Hal tersebut membuat debit aliran sungai meningkat dan menggerus pondasi rumah yang berada di tepi sungai, yaitu rumah milik Pak Wahyu.

Puluhan warga berduyun-duyun ingin melihat peristiwa apa yang sedang terjadi. Setelah mendapat laporan personil dari BPBD Kota Batu, Koramil Batu, perangkat kelurahan, garda relawan dan warga setempat datang ke lokasi terdampak.

Baca Juga  Diguyur Hujan Deras, Sebuah Pohon Raksasa Di Kota Malang Tumbang

Setelah dilakukan assessment maka diketahui adanya kerusakan dan kerugian berupa bangunan rumah ambruk beserta seluruh perabotan rumah hancur. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

“Dalam kejadian ambruknya rumah ini, tidak ada korban jiwa. Namun bangunan rumah dan perabotan mengalami kerusakan,” pungkas Sasmito (6/1/2019).


Reporter: Andika Fajar
Editor: Kistin S

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.