Satpol PP beri peringatan kepada PKL. (Syaiful)

MALANGTODAY.NET – Para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menempati troroar di sejumlah ruas jalan di Kota Batu mendapat surat peringatan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

Sekitar pukul 09.30 WIB, Anggota Satpol memberi peringatan pedagang di sepanjang Jalan Jendral Sudirman. Mereka diminta agar tidak menggunakan trotoar untuk berjualan. Petugas memeriksa identitas dan surat izin berjualan dan diberi himbauan.

“Kami sengaja operasi dadakan agar mengetahui mana PKL yang taat peraturan. Petugas tidak melarang berjualan tapi harus tertib,” kata Yopi Supriyadi, Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundangan Satpol PP Kota Batu, Rabu (1/3)

Satpol PP beri peringatan kepada PKL. (Syaiful)

“Langkah pertama kita beri peringtan dan pemeriksaan kelengkapan surat izin. Kami memberi jangka waktu seminggu untuk penertipan,” sambungnya.

Batu dikenal sebagai Kota Wisata seharusnya tertata rapi dan tertib, karena para wisatawan lokal dan asing selalu berdatangan. Karena itu trotoar yang selama ini difungsikan untuk berjualan, harus digunakan sesuai fungsinya.

Operasi PKL dilakukan merata, selain di Jalan Panglima Sudirman, juga dilakukan di Jalan Diponegoro, Sekitar Taman Makam Pahlawan dan lain-lain.

Sementara itu, tidak keseluruhan pedagang melanggar aturan. Beberapa sudah sesuai aturan dengan tidak berjualan di atas trotoar. Kepada mereka, petugas memberikan apresiasi.

“Sudah sering diingatkan untuk tidak berjualan di trotoar. Tapi memang banyak yang mbeling, kalau saya mengikuti arahan petugas saja,” kata Aminah, salah satu penjual kopi dan gorengan.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here