Petugas Gabungan Gelar Operasi Sadar Keselamatan dan Ketertiban Lalu Lintas
Oprasi Kelengkapan Surat dan Kelayakan Kendaraan (syaiful)

MALANGTODAY.NET – Petugas gabungan dari berbagai unsur menggelar operasi kendaraan bermotor di Jalan Sultan Agung Kota Batu. Petugas dari Polres Batu, Dinas Perhuban dan POM TNI selama beberapa jam memeriksa kendaraan yang melalui jalan tersebut.

Sejumlah kendaraan yang dicurigai bermasalah diberhentikan untuk menjalani pemeriksaan. Operasi tersebut sebagai bagian menciptakan kondisi keamanan, yang digelar secara rutin berskala.

“Kita cek kelengkapan dan kelayakan kendaraan. Khususnya angkutan umum dan kendaraan pengangkut barang, selebihnya kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor,” kata Ipda Anton, Satlantas Polres Kota Batu saat ditemui MalangTODAY.net, Rabu (22/2).

Khusus angkutan umum dan kendaraan barang, selain memeriksa kelengkapan surat-surat juga bertujuan memeriksa kelayakan kendaraan.  Beban muatan maksimal dan kelaikan jalan diteliti oleh petugas. Sementara untuk kendaraan roda dua pengecekan ditujukan pada kelengkapan surat, spion dan helm.

Masih banyak pengendara yang masih melanggar peraturan, khususnya pengendara yang tidak memakai helm. Padahal kelengkapan tersebut berfungsi sebagai penjaga keamanan pengendara.

“Kendaraan yang tidak memenuhi kelengkapan dan kelayakan tentu akan ditindak,” tegas Ipda Anton.

Proses operasi sadar keselamatan dan ketertiban lalu lintas dan angkutan jalan ini memakan waktu agak lama. Karena petugas memeriksa keseluruhan bagian kendaraan. Anggota Polisi mengecek kelengkapan surat_surat dan berkaitan dengan sepeda motor, sementara Dishub mengecek kelayakan kendaraan, dan pemeriksaan Anggota TNI dilakukan oleh POM TNI.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

Balas

Please enter your comment!
Please enter your name here