Simulasi tanggap bencana oleh BPBD Kota Batu @Istimewa
Simulasi tanggap bencana oleh BPBD Kota Batu @Istimewa

MALANGTODAY.NET – Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana yang jatuh pada 26 April, Pemkot Batu mengadakan upacara peringatan di halaman Balai Kota Among Tani, Kamis (25/4/2019).

Dalam upacara yang dipimpin oleh Wali Kota Batu Hj. Dewanti Rumpoko, seluruh jajaran masyarakat dan pemerintah sadar akan sikap waspada dan siaga terhadap potensi bencana di Kota Batu.

Untuk mewujudkan hal tersebut, politisi PDIP ini menekankan pemberdayaan perempuan untuk menjadi penggerak kesiapsiagaan bencana. Keputusan ini dilatarbelakangi karena perempuan dan anak-anak banyak yang menjadi korban bencana.

“Hal ini bertujuan untuk menjadikan perempuan sebagai motor penggerak kesiapsiagaan bencana di lingkungan keluarga, karena hampir mayoritas korban setiap bencana adalah perempuan dan anak-anak,” ujar Dewanti Rumpoko.

Hal tersebut agaknya juga dipandang sebagai satu langkah yang cukup strategis. Disamping dari tema Hari Kesiapsiagaan Bencana ke-3 ini yaitu “Kesiapsiagaan Dimulai dari Diri, Keluarga, dan Komunitas”. Untuk itu, Pemkot Batu juga melakukan simulasi tanggap bencana yang dipandu oleh BPBD Kota Batu.

Sementara itu tepat pada hari ini, Kamis (25/4/2019) juga diperingati sebagai Hari Otonomi Daerah. Dalam pidatonya, wanita kelahiran Mataram ini menyampaikan pesan amanat dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

“Dalam penyelenggaraan otonomi daerah tidak dapat menganggap, bahwa masyarakat itu hanyalah semata-mata sebagai ‘konsumen’ pelayanan publik, akan tetapi juga dituntut adanya kemampuan untuk memperlakukan masyarakat sebagai ‘citizen’ termasuk bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya manusianya,” kata wanita yang sempat berprofesi dosen ini. (AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.