Asisten Administrasi Umum Setda Kota Batu, Chairul Syarif Tartilla Saat Memberikan Sambutan Pembukaan Jambore Pusdalops Pb 2017 (azmy)
Asisten Administrasi Umum Setda Kota Batu, Chairul Syarif Tartilla Saat Memberikan Sambutan Pembukaan Jambore Pusdalops Pb 2017 (azmy)

MALANGTODAY.NET – Jambore perdana Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) 2017 dilaksanakan di Kota Batu.

Bertempat di areal camping ground Hotel Purnama Kota Batu, jambore diikuti sekitar 111 anggota Pusdalops PB Se-Jawa Timur, Rabu (8/11).

Chief Information Officer (CIO) Pusdalops PB Jatim Dino Andalananto menjelaskan bahwa jambore ini merupakan jambore Pusdalops PB pertama diadakan di Indonesia.

Dipilhnya Kota Batu sebagai tuan rumah mengingat prestasi tim Pusdalops Kota Batu dalam Lomba Pengelolaan Data Bencana Tingkat Nasional pada tahun 2016.

Tahun ini juga mendapatkan prestasi di lomba serupa kategori responsivitas terbaik Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2017.

“Pusdalops PB Kota Batu bisa jadi percontohan karena keberhasilannya meraih predikat terbaik nasional tahun 2016 silam,” ungkapnya kepada awak media di sela kegiatan, Rabu, (8/11).

Jambore Pusdalops PB ini, lanjut Dino, diselenggarakan atas kerjasama dengan BPBD Provinsi Jatim dan BPBD Kota Batu.

Sementara, Asisten Administrasi Umum Setda Kota Batu, Chairul Syarif Tartilla mewakili Plt. Walikota Batu Punjul Santoso menyampaikan apresiasi tinggi atas kepercayaan kepada Kota Batu sebagai tuan rumah pelaksanaan jambore.

“Kami mendukung kegiatan ini sebagai upaya dukungan dalam meningkatkan kapasitas dan peran pusdalops dalam penanggulangan bencana daerah,” ujarnya saat memberikan sambutan pembukaan.

Selain itu, Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat potensi dan ancaman bencana tinggi. “Sehingga memerlukan kesiapan berbagai komponen pendukung, salah satunya dari anggota pusdalops PB,” imbuhnya.

Chairul juga berharap, dari kegiatan ini dapat melahirkan rumusan untuk kemajuan dan perbaikan dalam penanggulangan bencana nasional.

Jambore Pusdalops PB ini akan digeber selama empat hari. Para peserta jambore akan belajar dan berbagi pengalaman tentang penanggulangan bencana di daerah masing-masing.(azm/zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda