Salah satu peserta Mural Competition tengah memulai dasaran cat sebelum melukisinya (Azmy)

MALANGTODAY.NET – Ada banyak cara untuk memperingati HUT RI ke-72. Seperti gelaran kompetisi mural yang diadakan Dinas Pendidikan Kota Batu, Senin (14/8).

Kepala Dindik Kota Batu, Dra. Mistin mengatakan, bahwa kompetisi mural diadakan sebagai sarana memfasilitasi kreativitas para seniman di Kota Batu.

“Selain untuk mempercantik tembok stadion Brantas yang kurang indah dipandang, sekaligus memperingati HUT RI nanti,” ujar Mistin kepada MalangTODAY saat ditemui di Stadion Brantas, Senin (14/8).

Total sejumlah 30 peserta berpartisipasi dalam kompetisi ini. Tiap tim akan disediakan kanvas tembok seukuran 4×6 meter. Para peserta mural berasal dari berbagai daerah. Meliputi Jogjakarta, Jember, Kota Batu dan Malang Raya.

Dikatakan salah satu juri, Dadang Rukmana, bahwa 30 peserta ini didapat dari proses seleksi.

“Total peserta ikut ada 60 karya, lalu kita seleksi jadi 30 karya. Nah, 30 karya inilah yang akan eksekusi mural di tembok stadion ini,” ungkapnya kepada MalangTODAY, Senin (14/8).

Tak hanya itu, lanjut Dadang, 30 tim ini masih akan bersaing untuk memperebutkan trophy dan hadiah senilai 18 Juta. “Ada empat kategori juara. Satunya adalah juara favorit,” timpalnya.

Soal kriteria penilaian, dijelaskan Dadang, ada 3 kriteria. Mulai kriteria perupaan, kesesuaian tema dan proses eksekusi. Masing-masing kriteria memiliki jumlah poin tersendiri.

“Tema kompetisi mural ini Nasionalisme dan Pancasila,” terang Dadang.

Tentu hal ini diharapkan Dadang sebagai salah satu praktisi seni rupa yang cukup malang melintang ini, menjadi ajang bagus bagi seniman Malang Raya meningkatkan reputasi seniman itu sendiri.

“Selain itu, kompetisi ini juga bagus karena dapat menjadi tontonan tersendiri bagi masyarakat sekitar, khususnya bagi para pecinta seni,” tutupnya.(azm/zuk)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here