Penggiat Lingkungan Malang Raya Gencar Gelar Aksi
Suasana kegiatan penanaman pohon di sepanjang jalan wilayah Batu Minggu (6/1/2019) (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Kesadaran masyarakat di kota Batu dan Malang raya akan kelestarian lingkungan kini semakin tumbuh. Seperti yang dilakukan salah satu penggiat lingkungan ‘Alamku hijau’. Pada Minggu (6/1/2019) pukul 08.00-10.30 WIB mereka menggelar agenda penghijauan rutin mingguan di Jalur Lingkar Barat Kota Batu. Memasuki agenda ke-8 ini mereka menanam pohon di kanan-kiri jalan sepanjang +/- 1 km.

Sekitar 65 bibit pohon yang terdiri dari pohon Flamboyan, Ketepeng dan Mahoni ditanam oleh sekitar 15 orang penggiat lingkungan dari berbagai komunitas di Kota Batu dan Malang Raya.

Baca Juga  Asah Kepekaan Siswa dengan Lingkungan, SMPK Frateran Adakan Kegiatan Penjelajahan

Tidak hanya sekedar menanam, kegiatan yang dilakukan setiap Minggu pagi ini ternyata mampu menjadi wisata keluarga yang sehat bagi jasmani & rohani. Hal ini karena bisa memicu aktifitas menimbulkan keringat, menambah teman, edukatif dan meningkatkan pengetahuan.

“Memang merupakan agenda mingguan kita. Alhamdulillah tadi sesaat setelah berakhir, hujan langsung mengguyur membasahi pohon-pohon yang baru saja ditanam,” jelas Didik, salah satu anggota.

Tidak hanya di titik tersebut gerakan penghijauan pada hari & waktu yang sama juga dilaksanakan di Latar Ombo, Panderman oleh ‘Sobat Bumi Indonesia Malang’ & di Gunung Butak oleh ‘Lintas Organisasi Pendaki’.

Tak hanya melakukan penghijauan di masing-masing titik sebanak 75 bibit pohon, berbagai elemen pendaki dari unsur mahasiswa & umum tersebut hari ini sesungguhnya bersatu untuk menunaikan misi utama: ‘membersihkan gunung & hutan dari sampah’.

Baca Juga  Nawakalam Gemulo Ajak Pemuda Cintai Lingkungan

Lengkaplah sudah, gerakan merawat identitas alam kita yaitu air, gunung & hutan. Ada ‘Sapu Bersih Sampah Nyemplung Kali’ (SaberS Pungli) di Kota Batu yang telah melampaui agenda ke-62 setiap minggunya, ada ‘Alamku Hijau’ yang melewati agenda ke-8, disusul gerakan membersihkan hutan dan gunung.

Ke depan gerakan-gerakan tersebut diharapkan juga bergerak rutin secara periodik, menjaga spirit ekologi dan diharapkan juga akan muncul banyak ‘menu baru gerakan ekologi’ demi meningkatkan kualitas lingkungan khususnya dari wilayah Malang raya dan Kota Batu.


Reporter: Andika Fajar
Editor: Kistin S

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.