MALANGTODAY.NET – Jumlah penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Batu mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Dikatakan Ainur Trihana, Koordinator PKH Kota Batu, data terbaru yang ia miliki berjumlah 2176.

“Yang terbaru kita ketambahan 1520. Awalnya hanya 656, kenaikan ini cukup banyak, ” katanya ditemui saat launching E – warung di desa Sumber Brantas, Jumat (21/10).

Melalui PKH ini, wanita yang akrab di sapa Hana ini memaparkan, siswa SD akan mendapatkan bantuan sebesar Rp450. 000. Siswa SMP Rp750. 000, siswa SMA Rp1. 000. 000, balita dan ibu hamil Rp1. 200.000, lansia 1.900.000 serta disabilitas berat Rp3.100.000. Semua nominal bantuan tersebut merupakan jumlah pertahun.

“Semua bantuan itu dibagikan pertiga bulan. Dalam satu keluarga dibatasi tiga orang yang dapat bantuan. Caranya diambil bantuan yang paling banyak, misalkan ada empat orang yaitu SD SMP dan SMA dan disabilitas berarti yang diambil SMP dan SMA serta disabilitas, yang SD tidak diikutkan,” papar Hana.

Sementara itu, terkait dengan Program e-Warung yang dilaunching perdana di Desa Sumber Brantas, dia katakan saat ini masih fokus di Desa sumber Brantas terlebih dahulu, untuk desa lain menurutnya, masih dalam proses pengajuan.

“Yang namanya launching kan satu dulu. Selanjutnya nanti tahun 2017 nanti semua bantuan kan diberikan secara non tunai termasuk KKS, KIP PKH dan lain lain,” lanjut Hana.

Dia berharap nantinya, setiap desa di Kota Batu memiliki e-Warung supaya memudahkan para penerima bantuan PKH di masing masing desa. (ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda