PAD 2018 Digenjot Capai 143 Miliar, Pemkot Batu Punya Ide Bagus
Kota Batu (istimewa)

MALANGTODAY.NET – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Batu periode 2018 mendatang diproyeksikan bisa mencapai Rp.143 Miliar, naik 10 persen dari tahun sebelumnya.

Merespon hal itu, Pemkot Batu cepat putar otak dan mulai melirik sejumlah aset bangunan miliknya untuk dijadikan pundi-pundi mendongkrak nilai PAD.

Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Batu Punjul Santoso mengatakan bahwa pihaknya memang merencanakan untuk memaksimalkan aset bangunan milik Pemkot Batu.

“Kita memang ada rencana pemaksimalan aset Pemkot untuk mendongkrak PAD 2018. Masih banyak aset Pemkot yang belum difungsikan, makanya harus bisa dioptimalkan lagi nanti,” ungkapnya kepada awak media baru-baru ini.

Dengan begitu, diharapkan agar aset bisa dimanfaatkan oleh lembaga yang tepat. Selain itu bisa menghemat anggaran untuk perawatan aset.

“Nanti rencananya akan kami libatkan PT. Batu Wisata Resources (BWR) untuk dikelola biar bisa jadi profit,” kata pria berkacamata ini.

Dicontohkan Punjul, aset bangunan Pemkot yang berlokasi di Jalan Raya Pendem, nantinya akan dijadikan lokasi infrastruktur jalan tembus guna memecah arus kemacetan.

“Juga rencana di jalan depan sini, ada rencana dibikin jalan tembus ke Torongrejo sama Tlekung buat memecah arus lalu lintas sekalian tembus kawasan wisata lain,” pungkas Politisi PDI Perjuangan ini.

Untuk aset lain, imbuh Punjul, diharapkan bisa dipinjam sewakan untuk kebermanfaatan aktivitas warga seperti Komunitas Bank Sampah dan Rumah Cinta Lingkungan.

Dari data yang diterima MalangTODAY, ada beberapa aset bangunan milik Pemkot Batu yang hingga kini berstatus pinjam sewa.

  1. Bangunan bekas kantor Dinas Tata Ruang Dan Bina Marga terletak di Jalan Raya Pandanrejo, Desa pandanrejo Kecamatan Bumiaji. Semula kosong, namun kini sudah difungsikan untuk kantor cabang pajak KPP Pratama.
  1. Bangunan bekas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terletak di Jalan Sultan Agung Kecamatan Batu. Semula disewakan, kini rencananya akan digunakan Kejaksaan Negeri untuk keperluan ruangan persidangan.
  1. Bangunan gedung bekas kantor Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang terletak di Jalan Kartini Kecamatan Batu. Kondisi kosong dan tidak terawat. Keberadaannya digunakan untuk parkir mobil Pemadam Kebakaran.
  1. Bangunan gedung bekas kantor Badan Penanaman Modal terletak di Jalan Sultan Agung Kecamatan Batu. Kini digunakan untuk kantor Dinas Perhubungan sebagai markas pemantauan CCTV.
  1. Bangunan gedung bekas kantor Dinas Pariwisata terletak di Jalan Sultan Agung Kecamatan Batu. Kini sudah dimanfaatkan sebagai kantor BPJS Kesehatan.
  1. Bangunan gedung bekas kantor Dispora terletak di bilangan jalan serupa, kini sudah digunakan sebagai kantor KONI Kota Batu.
  1. Bangunan gedung bekas Dinas Pendidikan, Badan Kepegawaian Darerah dan Bappeda terletak di bilangan Jalan Raya Sidomulyo Kecamatan Bumiaji. Kini dijadikan sekolah SMAN 3 dan juga kantor Panitia Pengawas Pemilu.
  1. Bangunan gedung bekas kantor Dinas Sosial di jalan Raya Punten Kecamatan Bumiaji, kini sudah digunakan untuk gudang peralatan logistik BPBD. (Azm/end)

 

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda