Anggota Personel Dinas Satpol Pp, Damkar Dan Linmas Kabupaten Tegal Saat Mencoba Mengoperasionalkan Unit Mobil Tangga Milik Pemkot Batu (azmy)
Anggota Personel Dinas Satpol Pp, Damkar Dan Linmas Kabupaten Tegal Saat Mencoba Mengoperasionalkan Unit Mobil Tangga Milik Pemkot Batu (azmy)

MALANGTODAY.NET – Unit mobil tangga (aerial ladder unit) pabrikan asal Turki milik Dinas Penanggulangan Kebakaran (DPK) Kota Batu rupanya menyedot perhatian sejumlah pihak. Salah satunya dari Dinas Satpol PP,  Damkar dan Linmas Kabupaten Tegal.

Membawa sejumlah dua belas personel, mereka jauh-jauh dari Tegal untuk melakukan kunjungan ke DPK Kota Batu dalam rangka studi banding, Selasa (14/11).

Pantauan MalangTODAY, mereka tampak antusias ketika diperkenankan melihat, bahkan mengoperasionalkan secara langsung mobil tangga dengan merk Il Karba tersebut.

Kepala Dinas Satpol PP Damkar dan Linmas Kabupaten Tegal Muhammad Berlian mengatakan, bahwa pihaknya sangat terkesan dengan sistem pengelolaan penanggulangan kebakaran di Kota Batu.

Baca Juga: Wow, Pemkot Batu Datangkan Mobil Damkar Jenis Aerial Ladder dari Turki

“DPK Kota Batu layak kita kunjungi karena memenuhi berbagai pertimbangan kelayakan dalam studi banding. Sekaligus untuk silaturahmi dan belajar hal-hal yang bisa diterapkan di Tegal,” ujar Berlian.

Menurutnya, organisasi pemadam kebakaran di Kota Batu cukup representatif dalam berbagai hal, baik dari sarana prasarana, manajemen organisasi maupun sumber daya manusia (SDM).

Apalagi, DPK Kota Batu merupakan salah satu dari empat daerah di Jawa Timur yang memiliki unit mobil tangga. Jika dibandingkan dengan daerahnya, pihaknya baru memiliki unit mobil rescue.

“SDM di sini mahir dalam mengendalikan teknologi dan perangkat-perangkat elektrik. Selain itu, mereka juga terampil dalam pencegahan kejadian kebakaran. Kami banyak belajar dari sini,” akunya.

Sementara, Kepala Bidang Operasional DPK Kota Batu Santoso Wardoyo mengungkapkan apresiasinya atas kunjungan tersebut. Meski hanya sehari, kunjungan ini dinilai sangat bermanfaat bagi kedua institusi.

Baca Juga: DPK Kota Batu Pilih Personel Khusus Operasikan Aerial Ladder Unit

Dari studi ini, Santoso berharap ada perubahan dan kemajuan yang lebih baik. “Dari kunjungan ini, diharapkan bisa terjalin sebuah jejaring antar pemadam kebakaran antar daerah,” pungkasnya.(azm/zuk)

Loading...