Menengok Eksistensi Kantin Kejujuran SMK Islam Kota Batu
MalangToday.net adalah media online di Kota Malang yang menyuguhkan berita dengan benar

MALANGTODAY.NET – Kantin Kejujuran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Islam Kota Batu mampu bertahan sampai lima tahun, hal ini cukup membanggakan dimana tidak banyak kantin kejujuran di sekolah lain bisa bertahan selama itu.

Dikatakan Sumroh, pencetus sekaligus pengelola kantin kejujuran SMK Islam Kota Batu, sampai saat ini omset kantin tersebut mencapai Rp10.000.000.

“Alhamdulillah kantin kejujuran kami bisa bertahan selama ini karena dukungan semua dewan guru dan juga atas kejujuran para siswa,” terangnya.

Baca Juga : Inovasi Baru, Mahasiswa UB Manfaatkan Kulit Pisang Untuk Hasilkan Listrik

Sumroh menceritakan, berdirinya kantin kejujuran di SMK Islam Batu berawal dari bantuan provinsi Jawa Timur pada tahun 2010. Bantuan tersebut berupa uang tunai untuk membeli peralatan kantin kejujuran.

MalangToday.net adalah media online di Kota Malang yang menyuguhkan berita dengan benar

“Dari bantuan tersebut kami belikan etalase dan komoditas-komoditas untuk mengisi etalase tersebut,” tambahnya.

Konsep kantin kejujuran, dia paparkan, adalah siswa melayani diri mereka sendiri untuk membeli keperluan mereka. Kemudian siswa mencatat di buku apa  yang mereka beli dan menaruh uang ditempat yang telah disediakan.

“Tidak hanya siswa, banyak juga guru yang berpartisipasi membeli jajanan di kantin kami. Mungkin juga karena kebersamaan itu lah kantin kami bisa bertahan sampai sekarang,” pungkas Sumroh.