Lewat Teatrikal, Batu Secret Zoo Ajak Lestarikan Primata
Atraksi Teatrikal di Batu Secret Zoo, Jatim Park 2, Kota Batu (Arbianus Rivaldi)

MALANG TODAY.NET – Memperingati hari primata nasional yang jatuh tiap tanggal 30 Januari, Batu Secret Zoo mengajak pengunjung untuk lebih peduli terhadap kelangsungan hidup satwa mamalia pagi ini, Kamis (31/01/2019)

Ajakan ini disampaikan melalui teatrikal berjudul “Biarkan Kami Damai dan Lestari” yang dipertontonkan di halaman depan secret zoo, Jatim Park, Kota Batu. Tujuannya agar para pengunjung, tidak hanya berwisata, tetapi juga sadar akan pentingnya melestarikan flora dan fauna.

Selaku ketua dalam kegiatan ini, Kumala Novita Sari membeberkan perihal peran mereka dalam upaya mengedukasi masyarakat tentang pentingya melestarikan dan berdamai dengan satwa, flora dan fauna.

“Triatikal hari ini konsen untuk menceritakan kepada pengunjung tentang, ini loh jangan sedikit-sedikit menyalahkan satwa deh. Ada beberapa kejadian orangutan menyerang beberapa pemukiman. Mereka tanpa sadar habitat orang utan berkurang,” pungkas Kumala seusai kegiatan itu.

Lebih jauh Kumala meceritakan perihal keberadaan primata di dunia, khususnya di Indonesia. Beliau menjelaskan, dari 200 jenis primata di dunia, 70% ada di Indonesia. Fenomena ini kemudian menyadarkan masyarakat Indonesia untuk menjaga dan melestarikannya.

“Ini tidak hanya tanggung jawab kami. Tetapi juga tanggung jawab kita semua, secara khusus masyarakat yang selalu dekat dengan satwa tersebut,” tambahnya.

Bagi Kumala, respek terhadap kelangsungan hidup flora dan fauna penting untuk digaungkan berkali-kali. Oleh karena itu, kelompoknya mengadakan kalender bulanan di Jatim Park 2 sebagai medium edukasi peduli zatwa.

“Selain peringatan hari satwa, kita juga punya kegiatan setiap bulan seperti tiger, gajah, Owa Jawa, Orangutan, Tarsius, Kukang, Lutung Jawa, Kedih dan Yaki.
dsb,” tuturnya.

Dengan demikian, harapannya ada rasa tanggung jawab bersama untuk melestarikan primata dan habitatnya. (ARB/KIS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.