Petugas Gabungan Bpbd Memadamkan Api (istimewa)
ilustrasi. Petugas Gabungan Bpbd Memadamkan Api (istimewa)

MALANGTODAY.NET – Sekitar setengah hektar lahan di Gunung Tumpak Seruk, Desa Pesanggrahan, Kota Batu hangus terbakar, Senin (18/9).

Lokasi Gunung Tumpak Seruk ini berada tepat di kawasan lereng Gunung Panderman. Tepatnya di atas Hotel Agro Desa Pesanggrahan Kecamatan Batu, Kota Batu.

Peristiwa diketahui terjadi sekira pukul 12.30 WIB, bermula dari terlihatnya asap kebakaran dari Balai Kota Among Tani.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu, Ahmad Choirur Rochim, mengatakan bahwa dugaan kebakaran disebabkan oleh adanya aktivitas pembukaan lahan.

“Perkiraan diduga karena adanya aktivitas membuka lahan. Memang biasanya dengan cara membakar,” kata Rochim kepada MalangTODAY, usai tindak pemadaman, Senin (18/9).

Namun pihaknya masih belum memastikan siapa yang melakukan aktivitas tersebut. “Apakah warga sekitar atau bukan, belum pasti,” timpalnya.

Meski memang aktivitas pembukaan lahan dengan cara dibakar adalah hal wajar, pihaknya sangat menyayangkan oknum pembakaran tanpa ada pengawasan.

“Khawatirnya kan bisa merembet luas kalau gak ada pengawasan. Pembakaran ini dilakukan sebagai alternatif memudahkan petani mengolah tanah,” terangnya.

Beruntung, tim gabungan terdiri dari BPBD Kota Batu, Perhutani, TRC PB KWB, dan Pusdalops berhasil memadamkan api sekitar pukul 14.30 WIB.(azm/zuk)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.