Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso saat melayani tim PPDP menggelar coklit perdana di rumah dinasnya (M. Ulul Azmy)

MALANGTODAY.NET – Jelang persiapan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih. Coklit ini juga dilakukan serentak di 171 daerah yang akan mengikuti Pilkada.

Coklit serentak di hari pertama ini seperti tampak di rumah dinas Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso di Jl Trunojoyo, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan, Sabtu (20/1).

Begitu didatangi tim Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), Punjul secara seksama melayani giat coklit yakni pencocokan data identitas pemilih seperti KTP hingga KK.

Giat pemutakhiran data daftar pemilih yang digelar dengan sistem door to door ini akan memastikan bahwa masyarakat telah terdaftar dan berhak memilih.

Dengan itu, Punjul berharap seluruh masyarakat bisa menyukseskan hajatan demokrasi pada 2018 mendatang. ‘Tahun kemarin saja Pilwali, warga yang menggunakan hak pilihnya mencapai 80 persen lebih. Saya yakin, Pilgub mendatang bisa lebih dari itu,” ujarnya kepada awak media usai mengikuti coklit.

Sementara itu, Komisioner KPU Kota Batu Divisi Hukum, Pengawasan, SDM dan Organisasi Mardiono mengatakan bahwa di hari pertama coklit ini memang menyasar para tokoh dan figur masyarakat seperti pejabat, anggota dewan dan tokoh-tokoh masyarakat.

“Iya, di hari pertama ini kita memang dahulukan coklit pada tokoh-tokoh masyarakat. Terutama anggota DPRD Kota Batu,” tukasnya.

Loading...