Suasana kesibukan peserta kompetisi Mural di Kampung Hijau, Kota Batu, Jum'at (1112019) (Fajar)
Suasana kesibukan peserta kompetisi Mural di Kampung Hijau, Kota Batu, Jum'at (11/1/2019) (Fajar)

MALANGTODAY.NET Sejumlah mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam kelompok praktikum Prospero PR, menggelar kegiatan kompetisi mural, Jum’at (11/1/2019).

Kegiatan yang dilakukan di Kampung Hijau alias Desa Beji RT 2 di Jalan Damun, Kota Batu tersebut terinspirasi dari kolaborasi antara seni melukis di dinding (mural) dengan kampung pariwisata.

Kepada MalangTODAY.net, ketua praktikum event ‘The Tempenosaurus Mural Art Competition’ tersebut, Sherly Amalia Arif (21) mengungkapkan, agenda mural competition ini digelar sebagai salah satu program pengabdian masyarakat.

“Merupakan salah satu program praktikum kami dalam pengabdian masyarakat, yaitu selain mengangkat mural bertema purbakala & bunga matahari, juga dalam rangka mengangkat produk lokal disini yaitu tempe, maka dari itu kami memberikan tema ‘Tempenosaurus’ dalam event kali ini,” jelas mahasiswa Fisip UMM angkatan 2015 tersebut.

Lomba mural yang merupakan kolaborasi antara UMM, PT Indana Paint dan JTP Group inipun turut diikuti oleh beberapa kelompok peserta. Tak hanya dari lingkup kota Malang-Batu bahkan juga beberapa seniman luar kota ikut andil dalam event ini.

“Dari total 28 peserta ada 10 kelompok, dimana masing-masing kelompok maksimal ada 5 orang, namun juga ada yang individu. Peserta umum mulai dari Mahasiswa, pelajar dan juga seniman dari luar kota, seperti Semarang dan Surabaya,” imbuh Sherly.

Walau kota Batu dalam kondisi hujan, para peserta mural ini nampak antusias melukis dinding. Salah satu peserta, Azis Lukys, yang juga seniman asal Semarang, rela datang jauh-jauh untuk turut andil dalam kompetisi kali ini.

“Ya sekalian nambah temen disini. Untuk kendala hari ini mungkin hujan ini, karena outdoor jadi dikit-dikit neduh,” jelasnya sembari melukis objek bunga matahari disalah satu dinding.

Kompetisi ini digelar selama 3 hari mendatang yaitu mulai hari ini, Jum’at (11/1/2019) hingga Minggu (13/1/2019) mendatang. Mengangkat tema ‘Purbakala’ para peserta saling beradu kreativitas mereka diatas dinding-dinding perumahan dikampung Hijau ini.

“Untuk penilaian akhir akan dilaksanakan hari Minggu mendatang, dengan total hadiah Rp. 4.500.000,” terang Mohamad Ainun Nur Roziq (22), salah satu panitia penyelenggara.

Baca Juga  Tembok Cantik Flyover Arjosari Segera Sapa Pengunjung Malang, Penasaran?

Dengan diadakan kompetensi mural ini, diharapkan salah satu kampung wisata anyar dikota Batu ini, yaitu Kampung Hijau dapat semakin dikenali masyarakat sebagai salah satu destinasi wisata yang menyediakan spot foto bertemakan purbakala. Mengingat, lokasi Kampung Hijau ini juga berada di belakang wahana Dino Park di Jatim Park 3 Kota Batu.


Penulis: Andika Kurniawan
Editor: Ilham Musyafa

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.