Kolaborasi Pameran Lukisan B to B Sukses Tarik Animo Warga Batu
Suasana pengunjung pameran lukisan B to B, Galeri Seni Raos. (Azmy)

MALANGTODAY.NET – Pameran lukisan bertajuk ‘B to B’ yang dimulai di Galeri Raos Batu sejak 29 April lalu mendapatkan respon tinggi dari masyarakat Kota Batu. Pasalnya, tingkat kunjungan pameran mencapai angka 350 lebih pengunjung terhitung sampai Minggu (7/5) ini.

Hal ini diakui oleh salah satu perupa Kota Batu, Rifai, bahwa angka 350 dianggap cukup sukses dalam dunia seni rupa. Jika dirata-rata, pameran lukisan selama ini hanya mendapatkan sejumlah 20-25 kunjungan perharinya.

“Dalam dunia seni rupa, ini termasuk tinggi mas, banyak masyarakat umum yang datang dari mulai anak smp, sma dan juga universitas,” ungkapnya.

Belum lagi dengan kedatangan dari khalayak seniman perupa sendiri, ia melanjutkan, kolaborasi pameran lukisan dengan perupa Kota Dewata ini juga mereka menyempatkan hadir jauh-jauh dari luar kota.

“Temen-temen perupa dari Malang, Pasuruan, Surabaya hingga Jombang nyempetin dateng kesini mas,” ujar perupa beraliran abstrak ini.

Terkait suksesnya gelaran ini, Rifai mengungkapkan daya magnet pameran ada pada beberapa sosok perupa yang sudah dikenal oleh masyarakat.

“Kalo dari perupa Bali ada I Nyoman Sujana Kenyem, I Putu Bonuz Sudiana dan I Nyoman Diwarupa. Kalo Batu dari Mas Isa Ansori, dan Suwandi Waeng,” paparnya.

Selain itu, salah satu pengunjung Grahita Ardens mengungkapkan bahwa dengan adanya pameran kolaborasi ini juga bisa memicu semangat berkarya perupa Kota Batu lain.

“Beberapa tahun ini makin lesu mas, semoga dengan adanya acara ini para perupa Batu yang lain tergugah, dan geliat seni rupa di Batu bisa ramai kembali,” ujarnya antusias ditemui MalangTODAY di sela kunjungannya, Minggu (7/5).

Untuk diketahui, gelaran pameran yang sukses menggebrak geliat dunia seni rupa Kota Batu yang semakin melesu ini, rencananya Komunitas Bocor Aluzz (Batu) dan Militan Art (Bali) akan mengadakan tour pameran lukisan lagi di sejumlah Kota di Jawa. Yaitu Bali, Surabaya, Jogja, Bandung dan Jakarta.

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here