dok. M. Soleh

MALANGTODAY.NET – Penyalahgunaan narkoba harus dihentikan begitu juga dengan peredarannya harus diputuskan mata rantainya. Hal inilah salah satu yang mendasari diselenggarakan orientasi moralitas dan kemandirian siswa oleh Kementerian Agama Provinsi Bidang Bimbingan Masyarakat Budha.

Dikatakan Suwono, Penyuluh Agama Budha Kemenag Kota Batu, orientasi ini adalah pembinaan peserta didik se Jawa Timur khususnya yang beragama Budha.

“Orientasi ini adalah kali kedua, yang pertama kemarin diselenggarakan di hotel Purnama. Untuk kali ini diikuti oleh 80 siswa baik dari SMP maupun SMA,” terangnya, Kamis (13/10).

Dalam orientasi ini, yang menjadi fokus pembahasan dalam materi adalah peningkatan moralitas dan penanaman nilai nilai agama budha, Serta bagaimana para siswa tidak terjerumus dan bisa menanggulangi bahaya narkoba.

“Tidak hanya orientasi saja nantinya, ketika siswa kembali kesekolah masing masing, mereka harus menyebarluaskan apa hang mereka dapat disini kepada teman temannya,” kata Suwono.

Sementara itu, dikatakan penyuluh Badan Narkotika Nasional (BNN), Arif hariyanto, pihaknya dalam orientasi tersebut menyampaikan materi bagaimana menyikapi maraknya Narkoba ditengah pelajar serta untuk membentengi siswa dari penyalahgunaan narkoba.

“Kami menyampaikan materi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, peredaran gelap narkoba (P4GN) supaya anak – anak bisa mendeteksi sejak dini terkait bahaya narkoba,” jelasnya.