Waka Polres Batu Kompol Nurmala Saat Menyambut Ketua Tim Penilai Dari Kemen Pan Rb Ri, Aris Samson Di Unit Pelayanan Publik Polres Batu (istimewa)
Waka Polres Batu Kompol Nurmala Saat Menyambut Ketua Tim Penilai Dari Kemen Pan Rb Ri, Aris Samson Di Unit Pelayanan Publik Polres Batu (istimewa)
MALANGTODAY.NET – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemen PAN RB RI) mengapresiasi positif Zona Integritas sejumlah fasilitas pelayanan publik Polres Batu.
Dengan adanya Zona Integritas tersebut turut mendukung perwujudan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dalam memberikan pelayanan publik secara prima.
Apresiasi ini diungkapkan langsung oleh ketua tim penilai Kabid Pemantauan dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah II Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemen PAN RB RI, Aris Samson saat melakukan kunjungan di Polres Batu, Selasa (14/11).
“Polres Batu merupakan salah satu satuan kerja yang dipilih dalam penilaian Pembangunan Zona Integritas bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batu dari seluruh wilayah yang ada di Kabupaten/Kota di Malang Raya,” paparnya.
Zona Integritas sendiri merupakan predikat yang diberikan kepada lembaga yang memiliki komitmen dalam mewujudkan WBK dan WBBM melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik.
Sementara itu, WBK merupakan predikat yang diberikan kepada suatu unit kerja yang memenuhi syarat indikator hasil WBK.
“Dengan perolehan hasil penilaian indikator proses di atas 75 pada ZI yang telah memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WDP) dari BPK atas laporan keuangannya,” terangnya.
Dalam penilaian ini, ada dua lokasi pelayanan publik yang dinilai, yakni pelayanan penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) pada Satuan Lalu Lintas Polres Batu dan pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) pada Satuan Intelkam Polres Batu.
Disambut langsung oleh Waka Polres Batu Kompol Nurmala sekaligus mempresentasikan kegiatan dan inovasi Polres Batu dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat Kota Batu.
“Dari hasil penilaian oleh Irwasda Polda Jatim yang didasarkan pada Pedoman Lembar Kerja Evaluasi yang telah dilaksanakan oleh Polres Batu selama periode Mei-Oktober 2017,” imbuhnya.
Tak hanya itu, Nurmala juga memaparkan perkembangan pembangunan gedung layanan terpadu SIM dan SKCK di Polres Batu.
“Diharapkan dapat memberikan pelayanan publik secara maksimal dengan didukung sumber daya manusia di tubuh Polri secra profesional, modern dan terpercaya,” tandasnya.(azm/zuk)