Video Aksi Heroik Paskhas Amankan Tamu Negara di Museum Angkut
Adegan pengamanan tamu negara (VVIP) oleh Batalyon Komando 464 Pasukan Khas Pengamanan & Penyelamatan Tamu Negara di Museum Angkut, Batu @azmy

MALANGTODAY.NET – Keriangan pengunjung dalam suasana liburan di area Gangster Town, Museum Angkut yang sedang menyambut kedatangan wakil negara dan tamu istimewa tiba-tiba berubah mencekam.

Pengunjung dikejutkan dengan letusan pistol berkali-kali. Kontan, terjadi kekacauan baku tembak di tengah pengunjung. Keselamatan VVIP tengah di ujung tanduk.

Tanpa pikir panjang, sekompi pasukan khusus berbaret oranye menyalakan sebuah tabir (bom asap) dan segera melakukan tindak penyelamatan (rescue) sesegera mungkin.

Dalam suasana menegangkan tersebut, akhirnya pelaku teror berhasil dilumpuhkan dan tamu VVIP berhasil diselamatkan.

Itulah skenario penyelamatan tamu negara yang dipersembahkan oleh Batalyon Komando 464 Pasukan Khas (Paskhas) untuk memperingati Bulan Dirganthara 2017 yang bertajuk ‘VVIP Air Force Evacuation’ pada Sabtu (15/4) sore ini.

Lettu Antoni Fredy Marpaung mengatakan drama penyelamatan tamu VVIP ini melibatkan sejumlah 14 Pasukan Pengaman dan Penyelamatan Tamu Negara (Pamatan) yang terdiri dari 10 pamatan dan 4 orang sebagai tim sniper.

Simulasi penyelamatan yang berdurasi sepuluh menit ini selain menggunakan senjata dan perlengkapan militer juga menggunakan tabir, semacam bom asap digunakan untuk mengaburkan jarak pandang musuh terhadap target pengamanan.

“Simulasi yang kami peragakan ini ditujukan sebagai pengenalan keberadaan TNI AU, khususnya anggota Paskhas pada masyarakat sekaligus menunjukkan teknis cara kerja pengamanan kami,” ungkap Perwira Seksi Operasi Paskhas ini pada MalangTODAY seusai simulasi berakhir.(azm/zuk)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.