Ini 6 Jalur Alternatif Hindari Kemacetan di Kota Wisata Batu
Peta Wisata Kota Batu @petalengkap
ads

MALANGTODAY.NET – Kemacetan tentu jadi hal tidak menyenangkan dalam perjalanan wisata anda. Sebab itu, bagi anda yang sedang maupun hendak merencanakan wisata lebaran di Kota Wisata Batu, disarankan untuk melintasi jalur alternatif agar terhindar dari kemacetan di sepanjang ruas jalur utama, Jalan Raya Beji.

Udah tahu jalur alternatif ke Kota Batu dimana? Ini 6 jalur alternatif menuju Kota Wisata Batu hasil rangkuman dari MalangTODAY:

  1. Jalibar (Jalur Lintas Barat) 
Lanskap pemandangan sepanjang Jalibar @Azmy

Bagi wisatawan yang datang dari sektor Malang Kota via Jalan Raya Sengkaling – Dadaprejo, sebelum memasuki Jalan Raya Beji atau Mojorejo bisa memilih jalur alternatif ini.

Jalur ini juga bisa ditempuh dari Kota Malang via Jalur Sumbersekar, Dau dan Kelurahan Areng-Areng, Dau. Kedua jalur ini akan bertemu di titik simpul yang sama yaitu simpang lima Junrejo.

Untuk mengakses Jalibar, ketika anda sudah sampai di pertigaan Bok Anyar – Mojorejo tadi, arahkan kendaraan anda belok kiri menuju Krematorium hingga sampai di simpang lima Junrejo.

Setelah sampai Simpang Lima Junrejo, terus saja pilih jalur yang melintasi Jalan Raya Junrejo sampai ketemu tugu. Setelah menjumpai tugu, belok kanan.

Sebagai patokan, anda akan melewati KPU Kota Batu – Desa Dresel (Predator Fun Park) – Jalan Raya Tlekung – Panderman Hills – Kusuma Agrowisata, kemudian belok kanan untuk sampai di Museum Angkut.

Jarak perjalanan menempuh sekitar 10 km, hanya berbeda 10 menit lebih lama dengan menempuh jalur konvensional. Namun, akan lebih efektif jika kondisi Jalan Raya Beji sedang macet ketika liburan.

Lagipula, pemandangan asri nan hijau dari kaki gunung Panderman akan menemani anda di sepanjang perjalanan. Di sepanjang jalur ini, anda akan melewati tempat-tempat wisata menarik seperti Panderman Hills, Peternakan Kuda Megastar dan juga kawasan Kusuma Agrowisata.

  1. Jalur Oro – Oro Ombo (Jalan Hasanudin – BNS – Jatim Park 2)

Sangat disarankan bagi wisatawan yang akan menuju Jatim Park 2 atau Batu Night Spectacular. Jalur ini bermula dari simpang lima Junrejo.

Dari simpang lima ini, arahkan kendaraan anda melewati Jalan Raya Hasanudin – Jalan Raya Oro – Oro Ombo sampai ke RS Baptis. Ikuti saja petunjuk jalan yang ada, hingga sampai di tempat wisata tujuan anda.

  1. Jalur Alternatif Pacet, Mojokerto – Cangar, Kota Batu.

Bagi wisatawan dari sektor utara Kota Surabaya, Mojokerto dan sekitarnya bisa melintasi jalur alternatif ini. Jalur yang melintasi Jalan Raya Pacet, Mojokerto ini akan berujung di Wana Wisata Pemandian Air Panas, Cangar.

Gerbang Taman Hutan Rakyat R. Soerdjo, Cangar Kota Batu @wrongcrewchild

Untuk selanjutnya setelah sampai Cangar, tinggal mengikuti jalan menurun melewati kawasan Arboretum Sumberbrantas – Desa Junggo – Coban Talun -Selecta – Desa Punten – Sidomulyo hingga sampai ke Kota Batu.

Namun, pengendara harap waspada dan berhati-hati apabila melewati jalur ini, disebabkan kontur jalanan yang ekstrem. Namun, suguhan pemandangan  Gunung Arjuna Welirang di sepanjang perjalanan akan menemani anda.

  1. Jalur Karangploso (Jalan Tawangargo – Giripurno – Pandanrejo, Bumiaji) 

Bagi wisatawan sektor utara Malang Raya seperti Lawang, Singosari, Karangploso dan sekitarnya bisa mengambil jalur via Tawangargo – Giripurno.

Untuk mengakses jalur alternatif ini cukuo mudah. Apabila anda sampai di pertigaan Pasar Karangploso / Polsek Karangploso, arahkan kendaraan lurus saja mengikuti jalan raya Pandanrejo.

Nantinya, anda akan melewati Jembatan Kali Lanang. Jalur ini juga menyuguhkan pemandangan alami nan menyejukkan sepanjang perjalanan.

Jalur ini akan berujung di pertigaan Bumiaji, Kota Batu. Ke kanan menuju arah Selecta, sedangkan ke kiri menuju Kota Batu.

  1. Jalur Torongrejo – Wukir
Jalur Alternatif Torongrejo-Wukirm @azmy

Bagi wisatawan sektor Kota Malang yang ingin menghindari kemacetan di Jalan Raya Beji, mungkin bisa memilih jalur alternatif ini.

Dari arah utara, melalui Jalan Drs. Moh. Hatta, Karangploso. Setelah melewati Jembatan Pendem ada papan penunjuk jalan alternatif đi sebelah kanan jalan.

Arahkan kendaraan belok kanan dan susuri saja jalan menanjak melewati desa Junrejo, desa Torongrejo hingga Wukir.

Jalur ini akan berujung sampai di Kelurahan Temas – Lippo Plaza Kota Batu di simpang empat Jalan Raya Dewi Sartika, Kota Batu.

  1. Jalan Raya Klemuk, Songgoriti

Bagi anda yang datang dari arah Malang Barat, bisa memanfaatkan Jalan Raya Klemuk, Songgoriti sebagai alternatif menempuh perjalanan singkat.

Petunjuk jalan alternatif ini cukup mudah. Apabila anda telah sampai di pertigaan Pujon – Paralayang, anda lurus saja. Apabila wisata Paralayang membelok ke kiri, anda cukup terus saja mengikuti jalan

Disarankan untuk tetap waspada dan berhati -hati. Apabila sedang tidak dalam kondisi fit, akan lebih baik jika berhenti istirahat atau memilih jalur konvensional.

Selamat berlebaran ya gaes. Keep safety and driving with responsibility…