Upacara peringatan HUT TNI yang ke-71 yang diadakan di stadion Brantas Kota Batu dipimpin langsung oleh Komandan Resort Militer 083/BDJ Kolonel Infanteri Wachid Apriliyanto.

Peringatan HUT TNI ke-71 tahun ini mengambil tema, ‘Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, dan Professional. Siap mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian’.  Upacara yang dimulai tepat pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 10.00 tersebut berlangsung khidmat.

Tampak hadir dalam tribun undangan adalah jajaran Forum Pimpinan Daerah Kota Batu, dan jajaran petinggi TNI dari semua kesatuan, baik laut, udara, dan darat. Peserta upacara dalam barisan pasukan sebanyak 1500 personel dari semua angkatan. Kecuali Kostrad, karena kesatuan Kostrad juga sedang melaksanakan upacara sendiri di Singosari. Kehadiran Kostrad hanya perwakilan beberapa personel.

Dalam amanat upacara, yang dibacakan Kolonel Infanteri Wachid Apriliyanto, Panglima TNI Jenderal  Gatot Nurmayanto, menyatakan apresiasi yang tinggi terhadap segenap personel TNI yang selama ini dinilai telah berperan aktif kegiatan di tengah masyarakat. Salah satu prestasi yang patut dicatat adalah keterlibatan personel TNI dalam memberikan bantuan penanganan di beberapa kejadian bencana alam.

“Sukses kita sebagai kesatuan TNI yang cukup membanggakan adalah berhasilnya TNI dengan segenap bantuan masyarakat dalam menjalankan operasi Tinombala. Operasi penanganan teroris di Poso,” ungkap Apriliyanto dalam amanat upacara.

Selanjutnya, amanat Panglima TNI kembali menegaskan komitmen TNI untuk bahu-membahu bersama rakyat dalam melanjutkan pembangunan yang berkesinambungan. Dalam hal ini, TNI telah membuktikan diri dalam keterlibatan aktifnya di pembangunan daerah terluar Indonesia.

“Tahun 2015 kita sudah tunjukkan semua alutsista terbaru, sekarang belum ada yang baru. Tahun 2017 nanti akan datang lagi sehingga parade defile bisa dilaksanakan pada 2017. Hal ini juga bagian dari pembangunan kekuatan prajurit TNI dengan menambahkan alutsista yang lebih modern,” ujar  Apriliyanto mengutip pernyataan Panglima TNI dalam sambutannya.

Dipaparkan olehnya, bahwa penilaian publik terhadap institusi TNI semakin membaik dalam dua tahun ini. TNI dinilai publik sebagai institusi yang solid, dan professional.

“Sedangkan untuk kesejahteraan prajurit, TNI telah berkomitmen untuk menyediakan perumahan dalam bentuk rumah susun yang terus bertambah,” imbuhnya.

Di akhir amanatnya, Panglima TNI menyampaikan beberapa pesan penting kepada seluruh prajurit dari semua kesatuan, diantaranya; tingkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, tetap solid dan komitmen menjaga NKRI dengan segala kemampuan yang dimiliki. Mengawal Pancasila dan UUD 1945 sebagai ideologi permanen bangsa Indonesia.

Sedangkan menyambut dilaksanakannya Pilkada serentak, Panglima TNI berpesan agar prajurit turut berperan aktif dalam mewujudkan Pilkada yang aman dan kondusif. (rif/ind)

Berikan tanggapan Anda

Komentar Anda