Lokasi rumah yang roboh karena intensitas hujan yang tinggi, di Dusun Gondang, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu (Istimewa)
Lokasi rumah yang roboh karena intensitas hujan yang tinggi, di Dusun Gondang, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu (Istimewa)

MALANGTODAY.NET – Masyarakat sekitar Dusun Gondang, Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu dihebohkan dengan peristiwa robohnya dua unit rumah di dusun tersebut. Kedua rumah yang roboh secara bersamaan tersebut adalah rumah milik Supeno dan Ismali yang roboh pada Minggu (17/3/2019) petang.

Kedua rumah yang berdempetan ini roboh ditengarai karena intensitas guyuran hujan tinggi yang melanda wilayah sekitar sejak Minggu pagi. Luas area yang ambruk tersebut diketahui berukuran 5 x 10 meter.

“Yang roboh dua unit rumah milik Supeno dan Ismail yang jadi satu dan hanya dibatasi tembok. Ambruk pada bagian ruang tamu,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Achmad Choirur Rochim saat dikonfirmasi beberapa saat lalu.

Saat kejadian, anggota keluarga pemilik rumah diketahui juga tengah berada di dalam rumah, beruntung saja tak ada korban jiwa dalam insiden kali ini.

“Anggota keluarga yang saat itu ada di rumah Bapak Supeno dua orang dan di rumah Bapak Ismail ada tiga orang. Sejak malam hari, mereka mengungsi ke rumah saudara dikarenakan kondisi atap dan kayu yang sudah lapuk,” imbuhnya.

Anggota Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu bersama warga setempat langsung melakukan kaji cepat terhadap peristiwa tersebut. Selain itu langsung dilakukan pembersihan di area reruntuhan dan di beberapa titik atap disangga dengan menggunakan bambu dan kayu untuk menopang agar tidak terjadi reruntuhan lagi.

“Lalu kami juga lakukan pendistribusian bantuan terpal untuk penanganan darurat sementara dan melaksanakan kerja bakti malam itu juga,” tutup Rochim.

Selain itu pihak BPBD Kota Batu juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada ketika cuaca sedang tak bersahabat. Masyarakat diimbau menghindari bangunan-bangunan yang dirasa rawan roboh. Mengecek kondisi bangunan pun sangat di anjurkan mengingat cuaca yang kini sedang tak menentu. (FAJ/AL)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.