MALANGTODAY.NET – Pencegahan memang lebih baik dari pada mengobati. Ketika anak masih sekolah dasar, anak baru ganti gigi dewasa. Gigi dewasa ini lah yang harus dilindungi supaya awet dan sehat seumur hidup. Hal ini disampaikan
drg. Sindy Cornelia Nelwan, Ketua Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia (IDGAI) Jawa Timur.

“Merawat gigi harus sejak dini, ketika anak-anak, kalau dilakukan kepada orang dewasa kan sudah terlanjur,” jelasnya kepada MALANGTODAY.NET di sela-sela kegiatan Pemeriksaan Karang Gigi serta Aplikasi Flouride Topikal di Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Sabtu (29/10) kemarin.

Dia katakan, pencegahan dilakukan sebelum gigi itu rusak yakni dengan memperkuat email gigi melalui aplikasi Topikal Flouride.

“Karena gigi yang baru muncul itu emailnya belum sempurna dengan pemberian Fluoride ini harapannya email akan keras sehingga gigi tidak mudah berlubang,” tambah Sindy.

Topikal Flouride dijelaskannya berfungsi untuk menguatkan gigi, biasanya terdapat pada pasta gigi dan mouth rinsese. Flouride diinkorporasikan ke permukaan gigi, sehingga lebih resisten terhadap decay.

“Kalau ngomong pencegahan memang harus sejak awal, gigi sulung pun harus dirawat jika ada yang bilang gigi sulung tidak perlu dirawat itu salah sekali,” tandasnya.

Berikan tanggapan Anda