Duh, Kota Batu Duduki Peringkat 38 Tingkat Akuntabilitas di Jatim
ilustrasi ASN @azmy

MALANGTODAY.NET – Kepala Bagian Pengembangan Kinerja Biro Organisasi Sekda Provinsi Jawa Timur, Dwi Suyanto dalam rapat pembinaan Sakip 2017 mengungkapkan tingkat akuntabilitas kinerja pemerintah Kota Batu masih menduduki urutan ke 38 dari 38 kota/kabupaten di Jawa Timur.

Oleh karena itu, ia mulai menyoroti soal capaian kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Batu.

Ia menganggap perlunya sebuah reformasi birokrasi dengan mengubah mindset soal capaian kinerja. Selama ini, ia menganggap Pemkot Batu hanya terpusat pada pertanggungjawaban keuangan soal habis berapa digunakan untuk apa.

“Seluruh anggaran pemerintah yang dikeluarkan harus berbasis pada kinerja, bukan kerja,” tuturnya dalam acara sosialisasi pembinaan Sakip di Graha Pancasila Among Tani ini.

“Kinerja pemkot Batu dibandingkan pemkot Malang sudah bagus, namun tidak akuntabel. Meski begitu, pemkot Malang punya langkah-langkah untuk meningkatkan akuntabilitas itu,” imbuhnya.

Ia menghimbau agar terbangun sebuah komitmen pembangunan kota yang kuat antar kepala daerah beserta jajarannya guna meningkatkan akuntabilitas kinerja Pemkot Batu.

Selain itu, ia menengarai masih adanya ketidaksinkronan visi misi Walikota dengan jajaran SKPD Pemkot Batu.

“Mungkin karena walikota sering turun langsung terlibat dengan masyarakat dan tahu persis permasalahannya seperti apa. Sedangkan perangkat daerah tidak tahu persis apa yang diinginkan walikota,” pungkasnya.(azm/zuk)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.